Kodim 0419/Tanjabbarat Gelar Latihan Penangulangan Bencana Alam

Rabu, 24 April 2019 - 21:04:09


Foto bersama
Foto bersama /

Radarjambi.co.id-Kualatungkal - Kodim 0419/Tanjab selama tiga hari (24-26 April 2019) melaksanakan Latihan Posko I penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah Tanjab Barat dan Tanjab Timur, dengan materi latihan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan bertempat di Aula Makodim 0419/Tanjab, Rabu (24/4).

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Latihan Posko I yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintegrasian

Semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Komando dan Pengendalian Operasi guna membantu tugas pemerintah daerah dalam menghadapi permasalahan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

Sementara, Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf M Arry Yudhistira mengatakan dapun Sasaran yang ingin dicapai adalah melaksanakan Prosedur Hubungan Komandan dan Staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku serta terlaksananya Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Intelijen, Penginderaan dan Pengintaian (K4IPP) secara optimal.

Sehingga mampu menangani permasalahan kondisi sosial secara cepat, tepat dan benar serta terpadu antara aparat keamanan (TNI-Polri), Pemda, instansi terkait, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi dinamika penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Latihan Posko I adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0419/Tanjab. Khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada,” jelas Dandim.

Reporter. :  Kenata

Editor.     :   Ansory