Titik Macet Akan Disiapkan Petugas Khusus

Minggu, 05 Mei 2019 - 17:39:20


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dalam upaya mengantisipasi kemacetan selama bulan Ramadan, Pemerintah Kota Jambi dan forum lalu lintas sudah melakukan rapat bersama untuk menghindari hal tersebut. Hal ini dikatakan Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, dirinya mengatakan bahwa forum lalu lintas yang terdiri dari Dinas Perhubungan, satlantas dan TNI hingga lurah dan camat sudah melakukan rapat bersama. Dalam rapat tersebut,dihasilkan beberapa point yang akan dilakukan oleh pihak terkait dalam mengantisipasi macet selama ramadan.

“Kita sudah laksanakan rapat untuk mengantisipasi macet. Sebab, selama ramadan, ada beberapa titik macet yang ditengari akan terjadi. Terutama pada jam jam tertentu. Misalnya pada sore hari atau menjelang bedug buka puasa di titik pasar bedug. Baik didalam areal pasar maupun di pasar bedug yang ada di kecamatan. Belum lagi beberapa pedagang dadakan yang ada di tepi jalan yang biasanya menjual makanan untuk berbuka puasa. Jadi sebelum terjadi kemacetan, kita lakukan rapat koordinasi bersama,” jelasnya.

Saleh Ridho menjelaskan bahwa ada beberapa point kesepakatan yang akan dilaksanakan selama ramadan untuk mengatasi kemacetan. Hal ini berlaku khususnya untuk pengelola mall atau supermaket dan pengelola pasar bedug.

Untuk mengatasi kemacetan di mall atau supermarket, maka pihak mall harus menyediakan petugas khusus untuk mengatur lalu lintas pada saat kondisi ramai. 

“Kita minta kerjasama dengan pengelola mall. Terutama untuk kantong parkir tambahan harus disediakan. Sebab, banyak pengunjung mall yang terkadang hanya parkir dibadan jalan sehingga menambah kemacetan,”bebernya.

Point selanjutnya adalah untuk mengatasi kemacetan di pasar bedug, Dinas Perhubungan Kota Jambi akan penempatan personil pada pasar beduk yang berpotensi rawan macet.

“Terutama pasar bedug yang ada ditepi jalan utama. Seperti pasar bedug yang ada di jalan As’saad samping Saimen pasar. Juga beberapa pasar bedug yang dikelola oleh masyarakat yang berada ditepi jalan utama,”bebernya.

Point terakhir adalah Dinas Perhubungan, Satlantas dan Satpol PP akan melakukan patroli pada titik rawan kemacetan tersebut. Sehingga dengan adanya petugas tersebut, bisa mengatur lalu lintas dan kemacetan bisa terurai.

“Melalui beberapa point kesepakatan tersebut, maka kita berharap agar nantinya macet di Kota Jambi terutama selama ramadan bisa terurai dan diatasi bersama. Tentu kami juga butuh kerjasama semua pihak. Baik instansi terkait, pengelola pasar dan mall serta masyarakat agar tidak parkir sembarangan,” jelasnya.

Sebelumnya, terkait dengan kemacetan khususnya dengan adanya beberapa lokasi pasar beduk Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Umar Faruk meminta agar pasar Bedug ini dikelola dengan baik, terutama untuk lalu lintas agar tidak membuat macet dan malahan menggangu pengguna jalan.

“Harus diperhatikan lalu lintasnya, tidak membuat macet. Parkir kendaraannya juga harus ada sehingga pembeli bisa merasa aman dan nyaman,” kata Umar Faruk.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori