Generasi Muda Jangan Sebarkan Berita Hoax

Kamis, 16 Mei 2019 - 17:28:22


Anti Hoax
Anti Hoax /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wakil Walikota Jambi Maulana membuka secara resmi kegiatan seminar nasiaonal dan pameran literasi digital dalam rangka HUT pemerintah Kota Jambi ke-73 tahun 2019, di Aula Grya Mayang. Kamis (16/5).

Seminar Nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Jambi dengan menghadirkan narasumber kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Nirwan, Kepala Dinas kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang, Kementerian Diskominfo RI Slamet Santoso.

Dalam sambutannya Maulana menyampaikan bahwa saat ini kita berada di era revolusi 4.0, era globalisasi dalam dunia modern yang penuh dengan kompetisi dan perkembangan teknologi informasi.

"Generasi baru terus dipersiapkan untuk melanjutkan generasi saat ini dan akan datang tatanan dunia yang lebih baik lagi,"ujarnya.

Disampaikan Mualana bahwa beda generasi tentu beda dalam sikap,wawasan dan gaya hidup, generasi baru saat ini telah menggunakan dan mengelola jasa bidang kesehatan, pemerintahan, dan kesejahteraan sosial, ekonomi, perdagangan dan transportasi.

"Kebiasaan membaca yang dulu lebih fokus membaca buku, tetapi dengan media teknologi informasi saat ini orang lebih suka membaca literasi digital yang tersambung di perangkan HP masing-masing,"terangnya.

Saat ini kita dihadapkan pada satu generasi yang jauh lebih canggih yang disebut generasi millenial dan generasi Z.

Menurut Maulana bahwa seminar literasi digital tersebut positif bagi pembentukan karakter generasi muda untuk bisa berpikir cerdas pintar dalam menggunakan media sosial.

Dan jika dioptimalkan peranan positifnya informasi ini dalam rangka meningkatkan kemampuan teknologi, potensi daerah Jambi, Budaya, wisata, UMKM.

"Di kota Jambi sudah ada relawan yang akan bergerak ke masyarakat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan usaha begitu juga kami pemerintah kota Jambi memiliki banyak aplikasi. Kalau ada bencana ke mana menghubungi dan saya pemerintah terima kasih kepada para sponsor yang membantu kita semua termasuk memberikan program pemerintah kota Jambi memberikan wifi gratis," ujarnya.

Maulana berharap dengan adanya agar seminar nasiaonal pameran literasi ini dapat memberikan tambahan informasi bagi semua peserta.

"Mudah-mudahan seminar dan pameran literasi digital kali ini dapat memberikan tambahan informasi dan pembelajaran yang bermanfaat. Terimakasih kepada kementerian informasi dan Komunikasi RI yang memfasilitasi dan mendukung kegiatan ini," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang, menyampaikan bahwa untuk masa depan jangan ikut-ikutan menyebarkan berita hoax, agar masyarakat tidak terdampak situs-situs yang tidak baik.

"Menangkal hoax dengan membangun sikap mental tabayyun, kita bisa menjaga diri dari informasi yang kita dapatkan,"paparnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori