CE Sikapi Dingin Hawa Pilgub Jambi 2020

Jumat, 17 Mei 2019 - 07:59:29


Bupati Sarolangun, H Cek Endra.
Bupati Sarolangun, H Cek Endra. /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN - H Cek Endra (CE) masih merasakan dinginnya hawa Pilgub Jambi, padahal helatan pesta demokrasi tersebut akan digelar akhir tahun 2020 mendatang. 

CE sendiri belum menyatakan secara pasti untuk ikut bertarung merebut kursi orang nomor satu di Provinsi Jambi.

Pemantauan dilapangan ataupun di Medsos, nama Bupati Kabupaten Sarolangun dua periode ini mulai santer digadang-gadangkan masuk dalam bursa Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jambi 2020-2025. 

Bukan hanya itu, jika dilirik dari history politik CE, tentu saja dinilai sangat pantas maju di Pilgub Jambi, ini terbukti langkah politik perdanya sudah sukses di Pilbup Sarolangun 2006-2011, saat itu CE sebagai Wakil Bupati (Wabup) Sarolangun pendamping Bupati, H Hasan Basri Agus (HBA).

Kemudian, pada Pilbup  2011 CE berpasangan dengan H Pahrul Rozi sebagai pemenang Pilbup Sarolangun. Begitu juga dengan Pilbup 2017, lalu CE berpasangan dengan H Hillalatil Badri kembali sebagai pemenang Pilbup Sarolangun periode 2017-2022. 

Sisi lain, CE juga merupakan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Sarolangun. Sementara itu, pada Pemilu 17 April 2019 yang lalu, lelaki kelahiran Mandiangin tersebut masuk dalam tim Badan Pengendali Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Golkar Provinsi Jambi dengan posisi sebagai Wakil Ketua Pemenangan Pileg, alhasil sukses meraih 2 kursi Golkar untuk DPR RI yang ditempati H Hasan Basri Agus (HBA) dan Saniatul Lattiva.

Momen tersebut sekaligus menempatkan posisi Golkar sebagai pemenang Pileg di Kabupaten Sarolangun, karena meraih kursi terbanyak dan suara partai tertinggi untuk parlemen Sarolangun yakni berjumlah 8 kursi.

Ini menarik, H Cek Endra saat ditanya terkait niat dan rencana untuk maju di Pilgub Jambi 2020, ia hanya tersenyum. Diakuinya, bahwa ia juga sudah merasakan hawanya Pilgub, malah sudah mendapatkan signal dan dorongan dari berbagai kalangan masyarakat, tapi CE masih belum bisa menyimpulkan maju atau tidak di arena Pilgub Jambi 2020 mendatang.

"Sikap kita saat ini adalah menunggu tahapan proses dan melihat situasi, dinamika dan perkembangan kedepan. Saya juga memantau, bahwa untuk saat ini belum ada satupun bakal calon lainnya yang sudah menyatakan diri siap untuk maju di Pilgub Jambi,"sebut CE ketika dijumpai Radarjambi.co.id.

H Cek Endra menilai, bahwa maju di arena Pilgub itu harus memiliki kesiapan yang matang, terutama dukungan penuh dari keluarga, selanjutnya melihat siapa itu lawan yang akan bertarung.

"Satu hal yang sangat penting untuk menjadi pertimbangan maju di Pilgub adalah mengetahui dan menganalisa lawan yang akan maju,"ucapnya.

Kemudian, disinggung bahwa sebelum Pilgub, sepertinya ada helatan politik yang bergengsi, yakni Musda DPD I Golkar Provinsi, adakah daya tarik untuk melirik kekosongan posisi Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi, dijawab CE, jika ia tidak memungkiri bahwa ada ketertarikan dalam melirik posisi itu. 

"Sepertinya semua kepala daerah dari Golkar memiliki peluang mendapatkan posisi Ketua DPD I Golkar. Bagi saya jabatan Ketua DPD I Golkar bukanlah hal yang mudah. Ini tidak bisa hanya mengandalkan rasa ingin dan mau, tapi sebaliknya juga harus mampu dan bertanggung jawab,"tuntasnya.

 

PENULIS : CHARLES RANGKUTI

EDITOR : ANSORI