Gubernur Apresiasi Masyarakat Yang Selalu Tunaikan Zakat

Senin, 20 Mei 2019 - 16:43:46


Fachrori dalam penyerahan santunan Baznas kepada kaum duafa dan fakir miskin
Fachrori dalam penyerahan santunan Baznas kepada kaum duafa dan fakir miskin /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi masyarakat yang telah membayar zakat dan mengimbau masyarakat yang belum membayar untuk membayarnya guna membantu kaum duafa dan fakir miskin.

Hal tersebut disampaikan Fachrori dalam penyerahan santunan Baznas kepada kaum duafa dan fakir miskin di Mesjid As Sulthon, Aur Gading Kabupaten Sarolangun,kemarin.

Fachrori mengatakan dalam melakukan pengelolaan zakat, Badan Amil Zakat tentu memerlukan manajemen yang baik dan melakukan pengelolaan secara profesional dan menerapkan transparansi serta akuntabilitas, agar masyarakat benar-benar mempercayai Badan Amil Zakat.
 
"Kepercayaan itu sangat mahal, sekali kepercayaan umat islam terhadap Badan Amil Zakat luntur, maka sangat sulit bagi kita dalam membangun ibadah dengan baik demi kepentingan umat islam, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Fachrori.

Fachrori mengungkapkan zakat merupakan salah satu Rukun Islam yang bila dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, tentu akan membawa implikasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Zakat dikumpulkan dari setiap pemeluk agama Islam yang telah memenuhi syarat yang kemudian pengelolaannya dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat secara berjenjang dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah.

"Dalam bulan suci Ramadhan seperti sekarang, amat mulia jika kita bertafakur melakukan refleksi atas kehidupan saudara kita yang tergolong mustahik atau orang yang berhak menerima zakat. Kita harus menggunakan nurani kita untuk melihat realitas kehidupan di negeri ini, terutama saat sedang mengalami persoalan ekonomi yang begitu sulit melalui zakat," kata Fachrori.

"Saya yakin, dengan penyerahan zakat, infaq dan shodaqoh melalui Badan Amil Zakat, beserta upaya pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu, akan membantu mereka dan membuat Jambi menjadi negeri yang penuh dengan persaudaraan, kesetiakawanan dan memiliki harmoni yang indah,"tukasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori