Fasha Pastikan Sembako Aman P-Hingga Setelah Idul Fitri

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:19:30


Fasha melakukan pengecekan sembako kemarin
Fasha melakukan pengecekan sembako kemarin /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Walikota Jambi Syarif Fasha melakukan pengecekan semabko ke beberapa ditributor dan bulog, Selasa (21/5).

Ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pangan dalam rangka menghadapi Idul fitri 1440 H.
Pengecekan sembako dilakukan dibeberapa lokasi diantaranya gudang Bulog Divre Jambi, PD Duo Angso, dan Indogrosir.

Disampaikan Fasha bahwa berdasarkan pengecekan yang telah dilakukannya bersama Forkopimda, Kepala BI dan OPD terkait, disimpulkan bahwa ketersediaan pangan aman bahkan hingga 4 bulan kedepan.

“Intinya dari pengecekan yang telah kami lakukan bersama forkopimda dan BI ke agen – agen maupun ke distributor dan juga ke bulog,semua ketersediaan bahan pangan aman. Bahkan hingga empat bulan kedepan,”terangnya.

Disampaikan Fasha saat mengecek di bulog, tersedia beras, gula dan tepung yang cukup hingga 4 bulan kedepan. Sedangkan untuk daging juga masih aman hingga Idul Fitri mendatang.

“Saat mengunjungi bulog yang kami lihat disana ada lima komoditi yakni beras, tepung, minyak sayur, gula dan daging beku dalam kondisi sangat cukup untuk beberapa bulan kedepan nanti. Tidak hanya mengantisipasi lebaran, tetapi untuk beberapa bulan kedepan nanti sangat cukup sekali sekitar 3 sampai 4 bulan,”terangnya.

Sedangkan untuk stok daging beku saat menyambut hari raya nanti dipersiapkan sekitar 35 ton. Dalam waktu dekat akan datang 45 ton daging beku lagi. Dan untuk daging segar,sudah tersedia sebanyak 60 ekor sapi.

“Jadi untuk daging juga tidak perlu khawatir. Semua sudah tersedia. Termasuk daging beku. Daging beku ini daging halal, yang harganya hanya 75 ribu perkilonya,”beber Fasha.
    
Dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak takut untuk mengkonsumsi daging beku.

“Saya himbau kepada masyarakat khususnya Kota Jambi kalau ingin menggunakan produk daging beku halal itu juga bagus karena ini produk sehat, bersih, dan juga ini halal kami juga sering makan daging beku ini jadi tidak usah takut,”terangnya.

Sementara itu menurut Damiri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Jambi bahwa ketersediaan sembako maupun daging sudah diantisipasi. Sehingga tidak akan terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi.

“Kalau untuk daging segar, harga berkisar Rp 120.000. Biasanya mendekati lebaran naik menjadi Rp 140.000,”terangnya.

Sedangkan Komari, Kepala Disperindag mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan pasar murah dibeberapa lokasi.

Hal ini untuk mengantisipasi harga agar tidak melonjak tajam.

“Kita akan laksanakan pasar murah di kantor Walikota Jambi untuk mengantisipasi agar harga tidak melonjak tajam,”terangnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori