H Al Haris dan Satgas Pangan Sidak Pasar Harga ‘Jengkol’ diatas Ayam Potong

Rabu, 22 Mei 2019 - 16:19:04


Bupati Merangin H Al Haris bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi melakukan sidak sembako ke Pasar Baru Bangko
Bupati Merangin H Al Haris bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi melakukan sidak sembako ke Pasar Baru Bangko /

 

Radarjambi.co.id - BANGKO - Jelang datangnya Lebaran Idul Fitri 1440 H, Bupati Merangin H Al Haris bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi, kemarin (22/5) melakukan inspeksi mendadak (sidak) sembilan bahan pokok (sembako) ke Pasar Baru Bangko.

Dari hasil sidak itu dikatakan bupati, harga sembako masih dalam kondisi stabil. 

‘’Belum kita temukan terjadinya lonjakan harga di pasar. Untuk persediaan sembako di pasaran juga masih sangat cukup,’’ujar Bupati.

Untuk harga bawang putih lanjut bupati, saat ini sudah sesuai dengan standar harga nasional, antara Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu perkiligramnya. Namun demikian diakui bupati, masih ada juga pedagang yang coba memainkan harga.

Harga cabai merah perkilogramnya Rp 30 ribu, cabai rawit Rp 10 ribu perkologramnya, daging sapi Rp 130 ribu perkilogramnya, harga ayam potong Rp 30 ribu perkilogramnya.

Sementara itu, harga jering (jengkol) untuk satu kilogramnya melebihi harga ayam potong, tebus ke angka Rp 40 ribu perkilogramnya dari Rp 20 ribu harga sebelumnya.

Belum diketahui secara pasti mengapa harga jering di Pasar Baru itu bisa melonjak. Namun menurut beberapa pedagang, karena sudah dua pekan ini jering mulai langka dipasaran.

‘’Kami membelinya juga sudah harga mahal, sehingga harus menjual dengan harga Rp 40 ribu perkilogramnya, tidak tahun kalau di pasar-pasar lainnya,’’ujar Ina salah seorang pedagang jering.

Lonjakan harga juga terjadi pada kabau (buah sejenis jering), yang harganya dari Rp 20 ribu perkilogramnya meroket tembus Rp 50 ribu. Untuk kabau ini pedagang juga beralasan, barangnya langka di pasaran.

Bupati bersama rombongan Satgas Pangan Provinsi Jambi, juga memantau kondisi harga sembako ke Minimarket Melati. Di minimarket tersebut, harga sembako diketahui masih stabil.

 

 

Reporter : Kasriadi

Editor     : Ansori