Pejabat Pimpinan Tinggi Harus Menjamin Akuntabilitas Jabatan

Kamis, 20 Juni 2019 - 19:19:09


Safrial Foto Bersama
Safrial Foto Bersama /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr Ir H Safrial MS menghadiri Assesment Manajerial Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jatinangor, Kamis (20/6)

Dikatakan Safrial, jabatan pimpinan tinggi merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif dab partisipatif melalui tugas pelayanan publik tugas pemerintahan dan tugas pembangunan yang diembannya.

"Dalam menjalankan tugasnya, setiap pejabat pimpinan tinggi harus menjamin akuntabilitas jabatan, sesuai dengan jenjangnya masing-masing," ujarnya.

Dimatanya penempatan dan pengangkatan jabatan tinggi sesuai dengan undang undang nomor 5 tahun 2014, tentang aparatur sipil negara, diatur secara khusus melalui seleksi terbuka yang objektif berbasis sistem merit.

Menurutnya, hal itu untuk menjaring pimpinan atau pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelola segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama, serta kepentingan elemen bangsa.

Untuk menghadapi permasalahan di atas dan juga tantangan dinamika globalisasi maka diperlukan Pemimpin yang memiliki integritas dan kompetensi yang tinggi untuk menjalankan perannya

Kata Safrial, tantangan kedepan sangat dinamis dan penuh kompetensi, sehingga pemerintah saat ini dihadapkan pada dinamika globalisasi yang terus tumbuh dengan pesat.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ruang yang tak terbatas dan menyentuh seluruh sendi kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan pembangunan dan pemberdayaan harus mampu diemban dengan baik dan mengikuti dinamika yang terus berkembang

"Kita harus melayani bukan dilayani, mari kita ubah mindset primordial menjadi pola pikir yang modern dan berkemajuan," ujar Safrial.

Bupati safrial mengucapkan terima kasih kepada pimpinan puslatbang pksm Jatinangor beserta jajaran yang telah memfasilitasi dalam rangka penilaian potensi dan kompetensi calon pejabat pimpinan tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Kepada peserta asesmen Bupati berharap tapi mereka dapat mengikuti penilaian potensi dan kompetensi dengan seksama dan sebaik-baiknya.

Hari Nugraha, SE, MPM, Kepala LAN Jatinangor mengapresiasi bupati Tanjab Barat, Ir Safrial dalam pembangunan serta keterbukaan informasi publik melaui website pemkab.

Menurutnya tampilan website tanjung jabung barat sudah luarbiasa, sebab telah menampilkan beberapa layanan.

"Saya pikir tampilan website Banjab Barat sudah luar biasa, berbagai macam fungsi aplikasi layanan sudah muncul disitu, juga termasuk informasi aktual muncul disitu," ungkapnya.

Kepada para peserta dia menyampaikan selamat mengikuti uji kompetensi manajerial tampil secara relax.

Dalam konteks tertentu, pilihan terakhir ada di pimpinan daerah dari tiga nama yang akan dipilih untuk menjabat sekda.

Pilihan itu berkaitan dengan kemampuan, kompetensi serta chemistry dengan bupati.

Disana, dia juga menyampaikan Obyektivitas, sinergitas sangat kita butuhkan sebagai pelayanan masyarakat. Bahkan dia mengajak untuk memberikan inovasi dalam pelayanan

 

Reporter  :  Kenata

Editor      : Ansory S