14 Orang Penderita HIV di Sarolangun

Senin, 09 September 2019 - 23:36:01


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Berdasarkan data yang disampaikan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, bahwa jumlah penderita HIV hingga triwulan ketiga 2019 sebanyak 14 orang.

Hal ini dikatakan oleh Peltu Dinkes, Bambang Hermanto, SKM MM, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (09/09).

“Dari tahun sebelumnya, terhitung sampai tahun 2018 ada 11 orang dan masuk bulan September tahun ini ada 3 orang. Jadi total 14 orang,” katanya.

Dia menjelaskan proses dan tahapan yang dilakukan oleh pihaknya, yakni skrining pemeriksaan awal melalui Puskesmas dan bidan desa. Dari proses tersebut jika penderita positif ditemukan baru dilanjutkan proses pengobatan.

“Yang jelas penderita ini sudah ditangani secara medis sementara dengan pengobatan rutin, melalui Puskesmas rujukan yakni di Mandiangin, Sarolangun dan Singkut. Dan jika sudah dinyatakan benar-benar berat sampai regen tiga akan dirujuk ke RS Umum Chatib Qazwain,” terangnya.

Untuk mengantisipasi itu terjadi, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat tentang perilaku hidup sehat, bahaya narkoba serta bahaya HIV dan penyebabnya. Melalui setiap Puskesmas yang ada di setiap kecamatan dan bidan desa.

“Kita terus melakukan sosialisasi, kasus seperti ini juga penderita terkena bukan disini dapatnya tapi di luar sana ketika mereka sudah sakit baru pulang kesini, penyebabnya jelas ini dampak dari perilaku Narkoba, Sex Bebas,” pungkasnya. (ciz)

 

Editor   :    Ansory S