4.837 Jama'ah Haji di Batanghari Masuk Data Tunggu

Senin, 21 Februari 2022 - 19:55:43


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Ternyata, ada 4.837 orang Jama’ah Haji di Kabupaten Batanghari yang masuk kedalam data tunggu. Dari ribuan Jama’ah tunggu ini, 62 persen diantaranya sudah berusia 40 hingga 60 tahun.

Hal ini dibenarkan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Batanghari, Helmi. Kata dia, data tersebut dari hasil pendataan pihaknya hingga tahun 2022 ini yag daftar Jama’ah Waiting (Tunggu).

“Daftar Jama’ah tunggu ini mengalami peningkatan 349 orang pada tahun 2021 lalu sehingga total Jama’ah tunggu mencapai 4.837 orang. Ribuan Jama’ah tunggu ini terdiri dari 2.591 Perempuan dan 2.246 laki-laki.

Banyaknya Jama’ah tunggu ini dikarenakan dari imbas penundaan keberangkatan di masa pandemi covid-19 sejak kurang lebih dua tahun lalu,” ujarnya

Dikatakan Helmi, Calon Jama’ah Haji ini, rata-rata 62 persen diantaranya telah berusia 40 hingga 60 tahun. Dan dari ribuan Calon Jama’ah Haji ini, dari delapan Kecamatan yang ada, paling banyak pendaftarnya merupakan warga Kecamatan Muarabulian, dengan total 1.273 orang.

“Untuk keberangkatan haji sendiri pihaknya belum bisa memastikan, sebab masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat, dan keberangkatan ini bisa saja dilakukan pada tahun ini.

Sebab untuk keberangkatan Jama’ah Umrah sudah diperbolehkan dan sudah berangkatkan, sehingga bisa saja kemungkinan keberangkatan dilihat dari perkembangan umrah nantinya,” tutupnya. (hmi/akd)