Severity: Warning
Message: fopen(/tmp/pupr_clssess_tm0htholo8i5avt6fq35qd662o5scf9b): Failed to open stream: No space left on device
Filename: drivers/Session_files_driver.php
Line Number: 178
Backtrace:
File: /var/www/radarjambi.co.id/application/controllers/Berita.php
Line: 7
Function: __construct
File: /var/www/radarjambi.co.id/index.php
Line: 321
Function: require_once
Severity: Warning
Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /tmp)
Filename: Session/Session.php
Line Number: 143
Backtrace:
File: /var/www/radarjambi.co.id/application/controllers/Berita.php
Line: 7
Function: __construct
File: /var/www/radarjambi.co.id/index.php
Line: 321
Function: require_once
RADARJAMBI.CO.ID,TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., secara resmi membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Pegaduan Pelayanan Publik Angkatan II di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2025 yang digelar di Aula Pertemuan Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Selasa (18/11).
Acara pembukaan Kegiatan Bimtek ini turut dihadiri Sekretaris Daerah, Hermansyah, S.STP., M.H., Kepala BKPSDM, perwakilan OPD, Pejabat Administator, serta para peserta Bimtek Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Angkatan II Tahun 2025. Sedangkan narasumber kegiatan bimtek ini berasal dari perwakilan OMBUSDMAN RI Provinsi Jambi dan Balai Bahasa Provinsi Jambi.
Mengawali sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyampaikan bahwa di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang begitu cepat, ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan publik semakin tinggi. Masyarakat hidup di zaman serba instan dan sangat terhubung, sehingga informasi, pendapat, maupun laporan dapat disampaikan dalam hitungan detik. Karena itu, pemerintah dituntut bertransformasi, tidak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga memperkuat sistem pengaduan yang responsif, transparan, dan mudah diakses.
“Di era digital, masyarakat semakin kritis dan tidak menoleransi pelayanan yang lambat atau rumit. Setiap ketidakefisienan dapat langsung menjadi sorotan di media sosial. Karena itu, pemerintah harus menghadirkan pelayanan publik yang modern, adaptif, dan berbasis teknologi, sekaligus mampu memberikan penjelasan yang tepat ketika muncul isu di tengah masyarakat,” ujar Bupati.
Beliau menegaskan pentingnya penyampaian informasi yang valid dan mudah dipahami guna mencegah salah tafsir serta menjaga kepercayaan publik. Sistem pengaduan juga harus terintegrasi, sederhana, dan memberikan tindak lanjut yang jelas agar benar-benar menjadi sarana kontrol yang efektif.
Pada akhirnya, keberhasilan pelayanan publik ditentukan oleh kecepatan, ketepatan, dan transparansi dalam merespons suara masyarakat. Dengan inovasi dan teknologi, pemerintah dapat menghadirkan layanan yang lebih responsif dan sesuai tuntutan zaman.
Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan agar seluruh peserta bimtek mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan menerapkan ilmu yang diperoleh dalam tugas sehari-hari. Ia menekankan pentingnya integritas dan komitmen untuk terus berinovasi, serta berharap bimtek ini menjadi langkah nyata dalam memperkuat pengelolaan pengaduan sekaligus meningkatkan IKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat dari tahun ke tahun.(ken/akd)