Fachrori : Peringatan Hari Pahlawan Momentum Introspeksi Diri

Senin, 12 November 2018 - 15:59:55


/

RADARJAMBI.CO.ID,-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum bagi bangsa Indonesia dalam melakukan introspeksi diri.

"Sudah sejauh mana setiap komponen bangsa mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan untuk mencapai Indonesia yang lebih sejahtera, adil dan makmur," katanya usai menjadi inspektur upacara memperingati Hari Pahlawan 2018 di lapangan kantor Gubernur Jambi, Sabtu (10/11).

Fachrori dalam kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita yang menyebutkan bahwa rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

"Peringatan hari pahlawan bukan hanya seremonial belaka, harus sarat makna yang dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai kepahlawanan pada kehidupan sehari-hari," kata Fachrori membacakan amanah Mensos.

Menurut Mensos, nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis. Sebab itu seluruh rangkaian kegiatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.
Mensos mengatakan, tema hari pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku”, yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan.

Siapapun kata Mensos dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

"Pada hakekatnya, setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata berhenti dalam berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya, sesuai tuntutan lingkungan strategis," pesan Mensos yang dibacakan Plt Gubernur Jambi.
Selain itu, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan, seperti transformasi kecerdikan pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia dalam melakukan inovasi cerdas untuk memperkuat daya saing bangsa pada pergaulan dunia.

Setiap zaman kata Mensos pasti ada pahlawan yang berkiprah pada eranya. Bangsa Indonesia saat ini memerlukan pahlawan baru, Indonesia sekarang membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.
Mensos juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, dengan memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa.

"Mari bersama-sama kita mulai dari lingkungan terdekat, yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara ini," kata Fachrori mengakhiri amanah Mensos.

Usai menjadi irup memperingati Hari Pahlawan di lapangan kantor Gubernur Jambi, Fachrori bersama Forkopimda Jambi melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Jambi.

SUMBER : HUMAS PEMPROV