Jambi Bakal Swasembada Beras dan Daging

Kamis, 12 Februari 2015 - 14:51:03


Menteri didampingi Pangdam, Wakil Gubernur dan Bupati Tanjabtim serahkan bantuan alat pertanian.
Menteri didampingi Pangdam, Wakil Gubernur dan Bupati Tanjabtim serahkan bantuan alat pertanian. /

RADARJAMBI.CO.ID, SABAK, - Menteri Pertanian RI dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Rabu (11/2), menginginkan Provinsi Jambi swasembada beras dan daging.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, dalam sambutannya menanyakan langsung kesiapan Kadis Pertanian dan Kadis Pertenakan Provinsi Jambi dalam kesiapan mereka mewujudkan swasembada beras dan padi. Sehingga di dengarkan oleh semua yang hadir di lokasi kunjungan kerja.

"Kadis Pertanian anda perlu berapa bibit padi untuk swasembada padi?." tanyanya.

Kadis Pertanian yang hadir menjawab 15 ribu Kg, namun Menteri menambahnya menjadi 25 ribu Kg dengan peningkatan produksi sebanyak 4 persen di Oktober ini. Hal ini disangupkan oleh Kadis Pertanian dengan taruhan jabatannya. Jika berhasil program pusat akan mengalir ke Jambi.

"Kadis Pertenakan anda perlu berapa sperma inseminasi buatan?." tanyanya lagi.

Kadis Peternakan yang diwakili oleh Kabidnya menjawab 10ribu, namun Menteri menambahkannya menjadi 15 ribu dengan kesuksesan inseminasi sebesar 70 persen. Ini disangupkannya dan akan di cek oleh Menteri berapa sapi yang sukses lahir nanti.

Mentri Pertanian mengungkap, kinerja kedua Kadis ini akan di ceknya kembali di bulan Oktober tahun ini.

"Saya akan cek kembali di bulan Oktober jika sukses program pusat akan banyak di Jambi," ungkapnya.

"Bisa bayangkan jika kedua dinas ini berhasil di bulan Oktober, maka Provinsi Jambi Bisa swasembada beras dan daging di tahun depan." tambahnya. Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, menuturkan jika Pemprov sejak beberapa tahun terakhir memang sangat fokus pembangunan di bidang pertanian dan peternakan.

Dirinya berjanji akan mengoptimalkan potensi peternakan dan pertanian yang ada sehingga apa yang diinginkan bersama agar Jambi bisa swasembada daging dan beras dapat terwujud. (cr11)