Tiga RT di Kenali Besar Langganan Banjir

Selasa, 17 Februari 2015 - 11:53:43


Kantor Lurah Kenali Besar.
Kantor Lurah Kenali Besar. /

RADARJAMBI.CO.ID, KENALI BESAR, -Musim hujan yang tidak menentu di Kota Jambi saat ini, membuat tiga RT di Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Kota Baru, menjadi langganan banjir. Tiga RT tersebut RT 27, 11, dan 35. Hal ini disebabkan oleh sungai yang melintasi di tiga RT tersebut mengalami pendangkalan, sehingga tidak sanggup menampung debit air jika terjadi hujan.     

Hamdani, Lurah Kenali Besar mengatakan, sampah dan tumpukan tanah yang berada di kawasan pinggiran sungai, menjadi salah satu penyebab utama terjadinya banjir. Sampah yang ditemukan di sungai tersebut, kebanyakan sampah seperti kayu besar dan bekas limbah rumah warga.

"Memang ada sebagian masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Bahkan, hanya sampah seperti bungkusan kue dan lain sebagainya, sampai seperti bekas kayu -kayu serta tumpukan tanah juga terlihat, sehingga mengakibatkan jalur air yang terhambat," ungkap Hamdani, kepada Jambi Star, rabu kemarin (11/2).

Hamdani menjelaskan pihaknya sudah melakukan beberapa upaya, untuk mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di kawasan sungai. Serta mengajak warga untuk saling bahu membahu bergotong royong membersihkan sungai, guna mengantisipasi terjadinya banjir.

"Kami terus berupaya untuk menanggulangi banjir, dengan bekerjasama bersama masyarakat," jelasnya.

Hamdani menambahkan, untuk selama ini wilayah tersebut sering terendam banjir. Bila terjadi saat musim hujan datang. Untuk itu, pihaknya terus berupaya untuk mencegah banjir dengan cara membuat lubang biopori sebanyak 1.500 lubang.

"Alhamdulillah, setelah adanya lubang biopori tersebut sehingga banjir sudah sedikit berkurang. Namun apabila hujan deras berkisaran lebih kurang enam jam sehingga lubang tersebut tidak mampu lagi menampung air," tambahnya.(cr9)