Penetapan Panwaslu Kabupaten/Kota, Diprediksi Banyak Incumbent Tersingkir

Kamis, 05 Maret 2015 - 14:04:01


/

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI, - 66 calon Panitia Pengawas Pemilu (Capanwaslu) kabupaten/kota telah mengikuti fit and proper test, hari ini Bawaslu Provinsi Jambi akan gelar pleno untuk menetapkan tiga nama. Hal ini dikatakan Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Ribut S saat dihubungi kemarin.

"Insya Allah besok (hari ini_red) kita gelar pleno hasil fit and proper test ini dan siapa saja yang kiranya layak membantu dijajaran kita ditingkat kabupaten/kota," ujarnya.

Dikatakan Ribut, alhamdulillah hari ini (kemarin_red) untuk jadwal fit and proper test sudah selesai dari 66 peserta kabupaten/kota, semuanya hadir dan berjalan dengan lancar.

"Berjalan lancar, semuanya hadir dan Jumat akan kita umumkan hasilnya," katanya.

Dijelaskanya, yang menjadi faktor penting Bawaslu dalam mengambil keputusan berdasarkan hasil fit and proper test. Karena pihaknya sudah berhadapan langsung dengan calon kemudian saat prosesnya dengan menggali kompetensi yang bersangkutan, pertama kompetensi terhadap pengetahuan di bidang kepemiluan, kedua dilihat bagaimana integritasnya.

"Jadi banyak juga yang tidak bisa menjawab. Mulai dari seputar perubahan UU ini, ada juga tentang pemahaman calon terhadap asas-asas Pemilu," jelasnya.

Apakah dari incumbent banyak yang tidak bisa menjawab? Diakui Ribut ada sebagian dari incumbent yang kurang bisa menjawab.
Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap penilaian akhir nantinya. Soalnya, bagi Bawaslu yang tidak mampu memenuhi kriteria tentu saja akan tereliminasi dengan sendirinya oleh Timsel.

Bagaimana soal pelantikan Panwaslu? Diakui Ribut pelantikan Panwaslu belum ada jadwal, pihaknya saat ini masih menunggu finalisasi tahapan dari pihak penyelenggara.

"Jika sudah jelas kapan tahapannya, pelantikan kita segerakan, intinya kita masih menunggu," pungkasnya. (zou)