Temuan Bukit Batu Akik Hebohkan Warga

Kamis, 12 Maret 2015 - 12:36:27


ILUSTRASI
ILUSTRASI /

RADARJAMBI.CO.ID, KERINCI -Warga Pungut Hilir, Kecamatan Air Hangat Timur, dihebohkan dengan penemuan batu akik dari berbagai jenis, bahkan tidak hanya bongkahannya ditemukan tapi bukit juga diduga terbuat dari Batu Akik.

Informasi penemuan ini juga mendapat perhatian dari sejumlah masyarakat, tidak hanya dari warga setempat, bahkan juga telah diketahui dari masyarakat luas, seperti dari Desa Hiang. Tidak hanya itu, para pecinta dari Batu Akik.

Seperti yang dikatakan Robin salah seorang warga Hiang, saat dikonfirmasi (11/3) kemarin, dia menyebutkan dirinya datang ke lokasi ini setelah mendapatkan informasi bahwa ada ditemukan bongkahan batu akik dari berbagai jenis di Pungut Hilir.

"Jadi untuk kita mau melihat langsung ke lokasi apa benar apa tidak, karena kebetulan kita pecinta batu akik jugo, makanya saya hari ini kesini. Hanya saja, setelah coba kita gali ternyata benar ada batu akik disini," kata Robin kemarin.

Menurutnya, batu akik yang ditemukan tersebut, sebagian besar tembus cahaya saat disenter.

"Banyak yang tembus kita lihat, jenis bervariasi ada bentuk Solar ada juga Sulaiman," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pungut Hilir, Aswardi, saat dikonfirmasi (11/3) kemarin mengatakan awalnya penemuan pertama ini ditemukan warga yang bernama Erman yang juga merupakan Ketua BPD Desa Pungut Hilir.

"Ya, pak Erman itu yang pertama menemukannya, dia menemukan secara tidak sengaja karena lewat dilokasi penemuan itu saat dia lihat ternyata bagus batunya," sebut Aswardi kemarin.

Lokasi penemuan batu akik tersebut, lanjut Sekdes Pungut Hilir ini, jarangnya diperkirakan sekitar 20 meter dari Desa Pungut Hilir. Sedangkan untuk jenisnya menurutnya, berbagai jenis, seperti Panca Warna, Anggur, Solar, Sulaiman. Bahkan ada juga diduga mirip dengan batu giok.

"Ya, lokasinya itu di ujung Desa Pungut Hilir. Kalau kita lihat lokasi ini diduga bukitnya itu terbuat dari batu akik, jika kita perkirakan ketebalan 500 meter dengan lebar 2 Km," pungkasnya. (son)