Pemkot Jambi Apresiasi Lokakarya BDC P2KP Kota Jambi

Rabu, 16 September 2015 - 14:15:09


Berlangsungnya Lokakarya BDC P2KP Kota Jambi.
Berlangsungnya Lokakarya BDC P2KP Kota Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Guna memastikan pembangunan yang setara dan merata, maka semua kebijakan dan intervensi perlu dirancang dengan baik, sehingga pembangunan dapat memberi manfaat pada masyarakat.

Pada Lokakarya Business Development Center (BDC) P2KP Kota Jambi, yang dihadiri Wakil Walikota Jambi, H Abdullah Sani, mengatakan sebagai kota yang terus berkembang, Kota Jambi memiliki populasi produktif yang tinggi dan tumbuh pesat.

"Hal itu, tentunya upaya pemerintah untuk memberdayakan usaha-usaha mikro kecil dan menengah dengan cara, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM," jelas Sani, dihadapan peserta Lokakarya BDC, yang berlangsung di Hotel Wiltop Jambi, Selasa (15/9), kemarin.

Saat ini, kata Sani, UMKM memiliki ketahanan terhadap krisis global, sebab usaha ini membutuhkan modal yang tidak besar, serta melalui proses dan teknologi sederhana. Makanya, program BDC Kota Jambi, nantinya pelaku UMKM di Kota Jambi, dapat lebih kompetitif dan berdaya saing.   

"Seperti yang sudah disampaikan oleh Satker PIP, Kota Jambi adalah salah satu daerah sebagai pilot project pelaksana program membangun pusat pengembangan usaha (BDC, red)," jelas Sani.

Sani menyadari, di era digital ini, persaingan dalam dunia usaha dan perubahan selera konsumen sangatlah cepat dan ketat. Sehingga, menuntut pelaku ekonomi bekerja keras untuk menghadapi persaingan dan lebih jeli dalam peluang usaha atau pasar.

"Keberhasilan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya di Kota Jambi, tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat secara umum," jelas Sani.

Sani menambahkan, sesuai dengan misi pembangunan Kota Jambi, yakni meningkatkan perekonomian kota berbasis potensi lokal menuju kemandirian daerah, melalui strategi pengembangan kewirausahaan baru, dan penyediaan ruang yang refresentatif untuk kegiatan perdagangan dan jasa.

"Makanya, Pemkot Jambi memberi apresiasi atas terlaksananya lokakarya BDC ini, semoga UMKM Kota Jambi dapat lebih maju dan berkembang," jelasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Satker PKP2B Provinsi Jambi, Satker PIP, KMW OC2 Jambi, dan Tim Koordinasi Kota P2KP Kota Jambi.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav