Asian Agri Peduli, Layani Warga Korban Kabut Asap

Kamis, 29 Oktober 2015 - 22:28:47


Asian Agri melakukan pengobatan gratis bagi warga korban asap di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Asian Agri melakukan pengobatan gratis bagi warga korban asap di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. /

RADARJAMBI.CO.ID, TANJAB BARAT- Prihatin terhadap korban asap, Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Dasa Anugrah Sejati (DAS), pada 29 Oktober 2015 melakukan layanan pengobatan gratis bagi warga yang terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pengobatan yang dilakukan PT DAS disambut antusias oleh warga. Adapun tujuan dilakukannya pengobatan gratis ini untuk membantu warga yang terkena dampak kabut asap yang berkepanjangan di Jambi. Sehingga dapat mengakibatkan kesehatan masyarakat menjadi menurun.

Head CSR Asian Agri, Rafmen, mengatakan, bahwa kegiatan pengobatan ini adalah salah satu wujud dari Corporate Social Responsibility (CSR) Asian Agri di bidangan kesehatan.

“Bencana Asap yang melanda Provinsi Jambi khususnya, pulau Sumatra dan Kalimantan sampai saat ini tidak menunujukkan tanda-tanda akan berakhir. Bencana asap ini berdampak kepada kesehatan masyarakat terutama penyakit ISPA. Melihat kondisi ini Asian Agri tergerak untuk melaksanakan pengobatan gratis sebagai perwujutan dari Program CSR di bidang kesehatan,” ujarnya, usai membuka acara pengobatan gratis di Balai Desa Lubuk Bernai.

Menurutnya, selain melakukan pengobatan gratis, PT DAS juga membagikan masker bagi warga dan anak-anak sekolah.

“Berhubung yang rentan terkena dampak asap adalah anak-anak kita yang masih belia, oleh karena itu kami juga membagikan masker kepada siswa SDN 069/V untuk melindungi mereka dari bahaya asap. Dengan harapan, kesehatan mereka dapat terus terjaga sehingga dapat terus bersekolah,” jelasnya.

Kaur Pembangunan dan Pemerintahan  Desa Lubuk Bernai, Nurman, menyambut baik apa yang telah dilakukan PT DAS.

“Kabut asap yang berkepanjangan seperti saat ini, ditambah kondisi keuangan yang sulit dan pengobatan yang mahal  membuat masyarakat bertambah susah hati. Dengan adanya perhatian PT DAS melalui kegiatan pengobatan gratis ini membuat masyarakat mengucap syukur dan terima kasih kepada PT DAS,” tuturnya.

Adapun pengobatan gratis ini dilayani oleh tim medis perusahaan dan juga tim medis dari Puskesmas Suban. Dokter perusahaan, Dr Hairul Akmal, yang melayani warga membenarkan banyak warga yang terserang ISPA.

“Kondisi kabut asap saat ini membuat warga yang telah menderita penyakit sebelumnya seperti TBC, Asma menjadi semakin parah. Dengan adanya pengobatan gratis ini sangat meringankan beban masyarakat,” akunya.

Selain itu, Alison Marbun, Group Manager PT DAS menyatakan bahwa pengobatan gratis ini merupakan wujud kepedulian perusahaan bagi warga masyarakat sekitar.

“Pengobatan gratis ini merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada warga sekitar. Saya berharap kegiatan ini dapat meringankan beban warga yang terkena dampak asap,” jelasnya.

Adapun jumlah masker yang dibagikan adalah 750 buah, sedangkan warga yang mendapatkan layanan kesehatan ada sebanyak 179 orang.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav