Tiap Kecamatan di Batanghari Kekurangan Surat Suara

Rabu, 09 Desember 2015 - 12:22:20


/

RADARJAMBI.CO.ID, BATANGHARI- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Batanghari, banyak temukan kekurangan surat suara disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kekurangan sendiri ditemukan hampir setiap TPS kecamatan dalam Kabupaten Batanghari.

"Kalau untuk pelanggaran belum ada, sampai saat ini kita belum menemukan ataupun menerima laporan. Yang masalah sekarang kekurangan surat suara," kata Mustra, divisi umum Panwaslu ketika dikonfirmasi via ponselnya Kamis, (9/12).

Mustra sendiri mengakui, bahwa kekurangan surat suara ini hampir terjadi disetiap kecamatan. Dimana, dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari, ada saja TPS yang ditemukan mengalami kekurangan surat suara.

"Ya, kekurangan surat suara ini hampir terjadi di setiap TPS kecamatan yang ada. Karena setelah kita memantau tiap TPS, ada saja yang mengalami kekurangan surat suara. Kekurangan itu bervariasi, untuk jumlahnya pastinya kita belum tahu" ujaranya.

Ketua KPUD Batanghari, Mohd Zamani, ketika dikonfirmasi terkait kekurangan suara mengaku belum mengetahui. Menurut dia, masalah kekurangan surat suara bisa saja terjadi karena TPS menerima surat suara sesuai dengan jumlah mata pilih.

"Kekurangan surat suara ini, kami rasa bisa saja terjadi, karena TPS menerima surat suara susuai dengan jumlah mata pilih. Kemungkian kekurangan ini terjadi disebabkan jumlah pemilih disana melebihi jumlah mata pilih yang terdaftar,"ungkapnya.

Dijelaskan, bila mana terjadi kekurangan surat suara, maka petugas TPS harus membuat laporan. Untuk menutupi kekurangan itu, petugas TPS juga segera cepat  ke TPS lain yang berada disekitar, agar memnta surat suara yang berlebih dengan membuat berita acara.

"Kalau ada TPS yang kekurangan surat suara, maka TPS yang  kekurangan itu harus cepat melakukan koordianasi dengan TPS yang berada disekitar. Dan kalau ada surat suara yang berlebih boleh dipinta, tentunnya  dengan membuat berita acara.

Reporter: Didi
Editor: Gustav