Fisipol Unja Gelar Debat Cagub dan Cawagub Pemilu Raya Unja 2015

Jumat, 11 Desember 2015 - 18:12:28


Dua pasangan calon saat ikuti debat publik.
Dua pasangan calon saat ikuti debat publik. /

RADARJAMBI.CO.ID, MUARO JAMBI- Fisipol Universitas Jambi (Unja) sukses selenggarakan Debat Publik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode 2016 mendatang dalam Pemilu Raya 2015, Kamis (10/12).

Tema debat adalah meningkatkan prestasi, soliditas dan etika mahasiswa.

Para calon yang bertarung adalah
Paslon Nomor 1 dari Partai PBM, dengan cagub Muhammad Habibi dan cawagub Afdina Rizki Fahlia. Sementara Paslon Nomor 2 dari Partai PMB, dengan cagub Juanda Changquen dan cawagub Andi Tebo.

Panitia penyelnggara adalah Koalisi Mahasiswa Fisipol yang diketuai Tri Alifah Mustari serta Nila Rahmayuni sbg MC, Delima Sihombing sebagai moderator, Yusna Annisa Rachmania Chaniago sebagai  timekeeper dan Hafizoh Yuelsa Bela sebagai  kestari.

Debat ini mengunakan metode yang sama dengan debat pilpres dan pilkada serentak dimana debat dibagi menjadi 6 segmen yaitu visi misi, penajaman program, pertanyaan tentang issu aktual di Fisipol, tanya jawab antar kandidat, debat, closing statemen.

Dalam sambutan ketua Panitia menjelaskan bahwa debat ini bertujuan memberikan kesempatan bagi kandidat untuk menjelaskan visi misi dan program unggulan selama tahun 2016.

Ketua MAM dalam sambutan juga mengatakan dalam debat jangan hanya beretorika saja tapi kongkrit programnya. Sedangkan Gubernur Fisipol sekarang Abdullah Luthfi yang juga mencalonkan diri sebagai Presma 2016 menyampaikan bahwa debat ini sebagai ajang pemersatu mahasiswa siapapun yang menang wajib kita dukung bersama.

Sementara, Dekan Fisipol yang diwakili oleh Mochammad Farisi dalam sambutannya mengatakan terselenggara Debat ini menunjukkan kematangan dan kedewasan mahasiswa Fisipol dalam berdemokrasi dan berkompetisi, meski sebagai Fakultas baru tapi terus berkreasi menjadi lebih berkwalitas dan terdepan. Terbukti dalam Pemira Unja tahun ini Fisipol satu-satunnya fakultas yang mengadakan debat kandidat dan sukses. (*)

Editor: Gustav