Dewan Minta Pemkot Lebih Berdayakan UMKM

Senin, 14 Desember 2015 - 23:00:09


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID. KOTA JAMBI– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, untuk terus melakukan pengembangan sektor pembangunan di bidang ekonomi, terutama pendampingan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Umar Paruk, anggota komisi III DPRD Kota Jambi, dari Fraksi Partai Garindra saat momentum pemandangan umum fraksi terhadap nota keuangan RAPBD anggaran 2016, belum lama ini, di gedung Swarna Bumi DPRD Kota Jambi.

Menurut Umar Paruk, selain fokus belanja daerah yang tertuang dalam RKPD berpandangan jika masih terdapat beberapa program kegiatan yang perlu mendapatkan perhatian serius, misalnya peningkatan kualitas SDM aparatur untuk mencapai target RPJMD.

"Dari sektor UMKM, kami menilai jika yang dilakukan belum maksimal baru sebatas sosialisasi, pelatihan, pembinaan. Untuk itu, saya berharap pemberdayaan UMKM dapat dilakukan dengan meningkatkan stimulan dan fasilitasi pendanaan terhadap UMKM," jelasnya.

Lebih lanjut, ia meminta Pemkot untuk lebih melakukan sebuah perencanaan yang matang, terarah, proporsional, obyektif, akuntabel dan transparan, dengan tidak meninggalakan azas keadilan, demi terwujudnya masyarakat adil makmur, dan sejahtera dalam konteks mengelola APBD.

Dalam pandangan umum tersebut, Fraksi Gerindra, juga mengharapkan proyeksi pendapatan daerah dapat ditingkatkan lagi yaitu pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya pada pajak penerangan, pajak restoran, retribusi tempat pelelangan, retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum, serta retribusi tempat rekreasi dan olah raga.

"Kita kedepan PAD Kota Jambi semakin meningkat, rakyat Jambi akan sejahtera," pungkasnya.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav