Dewan Minta Dinkes Waspadai DBD

Selasa, 15 Desember 2015 - 11:18:26


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI- Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi, Sihar Sagala, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, untuk menghimbau masyarakat untuk wasapada terhadap penyebaran Demam Berdarah Dangue (DBD), selama cuaca ekstrem yang terkadang hujan dan panas.

"Kami meminta Dinkes menghimbau masyarakat mengantisipasi penyebaran penyakit DBD. Jangan sampai berkembangbiaknya nyamuk aedes agepty di lingkungan warga," kata Sihar Sagala.

Imbauan tersebut sejak dini dinilai efektif, dan jangan menunggu ada korban baru. Pastikan tempat berkembangbiakannya jentik-jentik nyamuk DBD sudah dicegah dari sekarang.

Dia berharap Kota Jambi bebas dari DBD. Karena itu, Dinkes harus berusaha melalui aktivitas fogging (pengasapan), imbauan kepada  masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Kami hanya memberikan masukan kepada pihak terkait, agar bisa ditindaklanjuti dalam mewaspadai penyebaran DBD di Kota Jambi," ujarnya.

Untuk mengantisipasi penyakit tersebut, dirinya mengingatkan kepada masyarakat Kota Jambi meningkatkan gerakan kegiatan menghibur, menguras dan menutup serta pemberian bubuk abate."Saya kira untuk gerakan 3M cukup untuk mematikan jentik naymuk DBD,"kata Sihar Sagala.

Oleh sebab itu, partisipasi masyarakat Kota Jambi sangat diharapkan untuk mengantisipasi penyebaran DBD serta memperhatikan lingkungan, karena pemberatasan nyamuk DBD harus melibatkan semua komponen masyarakat.

"Camat dan Lurah harus ikut serta mengajak masyarakat dalam mengantisipasi mewabahnya penyakit DBD, apalagi pemerintah sudah memberi alat fogging setiap kecamatan gunakan sebaiknya. Kita tidak ingin hal yang terulang di tahun belakangan ini ada korban lagi," pungkasnya.

 
Reporter: Endang Haryanto
Editor: Gustav