2016, Pemkot Gratiskan Sekolah Swasta

Senin, 04 Januari 2016 - 22:36:32


Pemerintah Kota Jambi peduli pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan hasil yang dicapai siswa di Kota Jambi yang berprestasi dan berkarya.
Pemerintah Kota Jambi peduli pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan hasil yang dicapai siswa di Kota Jambi yang berprestasi dan berkarya. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Tahun 2016 ini, biaya pendidikan di sekolah-sekolah swasta di Kota Jambi akan digratiskan. Sekolah-sekolah tersebut akan dipilih dan dikontrak khusus melalui dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Jambi.

“Sekarang kita sedang buat tim untuk menentukan sekolah mana yang akan dipilih untuk kerjasama sekolah gratis ini,” kata Syaiful Huda, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, kemarin.

Ia mengatakan bahwa tahun 2016 ini ada dua sekolah yang akan di pilih sesuai dengan kriteria untuk dijadikan sekolah gratis. Dua sekolah itu masing-masing dalam kajian tim di wilayah kecamatan mana nantinya sekolah itu akan ditempatkan.

“Sekolah swasta gratis baru di Kecamatan Telanaipura, jadi nanti yang kita pilih selain dari Kecamatan Telanaipura. Kota Jambi ada 8 kecamatan, nanti itu yang kita pilih,” katanya.

"Anggarannya sudah masuk APBD 2016. Tinggal kita tentukan sekolahnya yang mana yang sesuai kriteria," ujarnya.

Salah satu kriteria sekolah yang akan dipilih adalah sekolah swasta yang berkonsep satu atap, artinya sekolah itu tersedia mulai dari tingkat dasar (SD) hingga SMA sederajat. “Jadi lebih mudah mengkoordinirnya,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengatakan bahwa sekolah gratis tersebut nantinya akan dialokasikan khusus bagi warga yang kurang mampu. Diharapkan masyarakat termotivasi untuk bisa meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi.

"Sekolah gratis ini akan rencananya dari tingkat dasar (SD) hingga SMA sederajat," kata Fasha.

"Selain mendirikan sejumlah sekolah gratis, Pemkot juga akan membenahi puluhan SD yang masih berdiri dengan bangunan papan kayu," tambah Fasha.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav