Walikota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Camat Paal Merah

Senin, 21 Maret 2016 - 21:14:48


Walikota ketika meletakkan batu pertanda dimulainya pembangunan kantor Camat Paal Merah
Walikota ketika meletakkan batu pertanda dimulainya pembangunan kantor Camat Paal Merah /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi pada Senin, (21/3) melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan kantor Kecamatan Pal Merah.

Dalam arahannya, Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengatakan bahwa Kecamatan Paal Merah ini merupakan salah satu Kecamatan baru sebagai hasil pemekaran kecamatan di Kota Jambi. Dimana saat ini kecamatan di Kota Jambi berjumlah 11 (sebelas) kecamatan dari yang sebelumnya hanya terdapat 8 (delapan)  kecamatan.

Walikota menyadari sepenuhnya bahwa kebijakan pemekaran kecamatan akan membawa konsekuensi yuridis, administratif dan juga finansial pada penyelenggaraan pemerintahan umum. Namun demikian, untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan juga sangat erat kaitannya dengan tuntutan pengembangan wilayah maka apapun konsekuensinya pemerintah Kota Jambi, telah siap bekerja keras untuk memastikan segala sesuatunya terlaksana secara cepat, tepat, berkeadilan dan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

Ditambahkannya, sebagai salah satu perangkat daerah dalam tata pemerintahan, kecamatan memiliki kedudukan strategis, karena peran Kecamatan yang di pimpin oleh camat dalam beberapa wilayah kelurahan, sebagai wilayah adminsitrasi pemerintahan terkecil, yang terdepan dalam melayani masyarakat. Hal ini merupakan suatu amanah yang tidak ringan bagi segenap jajaran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang diemban.

“Oleh karenanya, saudara-saudara harus mampu berinovasi dalam rangka meningkatkan bobot dan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Fasha mengatakan dari waktu ke waktu, semua pihak senantiasa harus melakukan penguatan citra organisasi dan juga pencapaian kinerja yang lebih baik. Dalam berbagai kesempatan, ia selalu membahwa Aparatur Negara Kota Jambi ini harus mampu menjadi aparatur awal pekerja yang melayani masyarakat, pegawai yang bersih dan bertanggung jawab, yang menjadi panutan dan kebanggaan semua.

Ia berharap semua harus benar-benar memahami bahwa masyarakat kian cerdas, tuntutan masyarakat bergerak semakin dinamis.

“Jadi kita semua jangan hanya terpaku pada tugas-tugas administratif semata, namun hendaknya betul- betul memberikan pelayanan yang profesional dan proporsional terhadap berbagai hal yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan umum dan juga kehidupan sosial dan ekonomi kemasyarakatan,” jelasnya.

Di samping itu semua,  ia juga mengatakan bahwa keberhasilan tugas pemerintah di tengah-tengah masyarakat tidak hanya ditentukan oleh kemampuan teknis semata, tapi juga ditentukan oleh integritas moral, dan akhlak yang dimiliki sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Saya harap dengan adanya pemerkaran wilayah ini, bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah,” katanya.

Walikota mengatakan bahwa pembangunan kantor camat tersebut memerlukan dana sekitar Rp 1,5 miliar. Ke depan, bukan hanya di Kecamatan Pal Merah saja, tapi juga di kecamatan pemekaran lainnya.

“Ini yang di Paal Merah akan kita bangun bertahap, untuk tahap pertama nanti dibangun satu lantai lebih dulu. Ke depan baru kita buat dua tingkat, karena menyesuaikan anggaran,” katanya. (advertorial)