Akibat Listrik Mati, PDAM Tirta Mayang Merugi Ratusan Juta

Senin, 21 Maret 2016 - 21:18:18


pedaman listrik dalam ilustrasi
pedaman listrik dalam ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Tidak hanya masyarakat yang merugi diakibatkan pemadaman listrik, tapi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang Kota Jambi, juga menyatakan merugi ratusan juta rupiah, akibat seringnya pemadaman listrik di kota itu.

Direktur Utama PDAM Tirta Mayang, Erwin Jaya, mengatakan, saat pemadaman listrik tersebut ada potensi pendapatan yang hilang karena semua peralatan PDAM untuk perairan menggunakan energi listrik.

"Misalnya pemadaman itu bisa dalam sehari tiga kali, dan jika kita kalkulasikan kehilangan pendapatannya bisa Rp 50 juta per hari," kata Erwin.

Kerugian tersebut, katanya, tidak hanya dari segi pendapatan, tapi pemadaman listrik juga membuat peralatan pompa untuk mengalirkan air ke pipa juga berdampak bermasalah dan mudah rusak.

"Pompa juga mengalami kerusakan dan saat ini saja ada dua pompa yang rusak, gara-gara listrik padam mesin otomatis berhenti medadak," katanya.

Bahkan, dalam kurun waktu satu bulan terakhir, secara hitungan kasar kerugian yang dialami sebesar Rp 600 juta untuk biaya perbaikan peralatan pompa yang rusak.

"Potensi penjualan air menjadi berkurang karena listrik padam sehingga air sering macet. Akibatnya pipa mudah pecah, peralatan dan pompa juga rusak," katanya.

Erwin mengatakan, selain kerugian materil, pemadaman listrik tersebut juga berdampak pada kerugian immateril, yakni kerugian yang dialami masyarakat atau pelanggan PDAM.

"Pelanggan tidak tahu masalah listrik, pompa dan segala macamnya, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan PDAM jadi turun," tutupnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav