Fasha: Kemendagri Nilai Staf Ahli Walikota Jambi Percontohan Nasional

Rabu, 20 April 2016 - 22:28:41


Walikota Jambi, didampingi para Staf Ahli Walikota lansung menerima Staf Ahli Bupati Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam rangka studi banding terkait dengan Tata Kelola Peran dan Fungsi Staf Ahli Kepala Daerah
Walikota Jambi, didampingi para Staf Ahli Walikota lansung menerima Staf Ahli Bupati Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam rangka studi banding terkait dengan Tata Kelola Peran dan Fungsi Staf Ahli Kepala Daerah /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi, H Syarif Fasha didampingi para Staf Ahli Walikota langsung menerima Staf Ahli Bupati Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam rangka studi banding terkait dengan Tata Kelola Peran dan Fungsi Staf Ahli Kepala Daerah. Dalam pertemuan tersebut Walikota Jambi juga memaparkan peran staf Ahli di Pemerintah Kota Jambi.

"Bahwa Staf Ahli di Kota Jambi sangat dibutuhkan, karena dengan keberadaan Staf Ahli ini kinerja Tata Kelola Pemerintahan bisa berjalan dengan baik,"ujar Fasha.

Fasha mengatakan, Pemerintah Kota Jambi merasa bangga atas kunjungan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bogor, dan Pemerintah Kota Jambi siap menyambut apabila ada para Staf Ahli Walikota maupun  Kabupaten se Indonesia yang berkunjung ke Pemerintah Kota Jambi.

"Hingga hari ini Kota Jambi telah banyak mendapati kunjungan dari para Staf Ahli dari kabupaten lain selain kabupaten Bogor, karena telah dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri bahwa Staf Ahli Walikota Jambi sebagai percontohan Nasional," ujar Fasha.

Fasha juga menambahkan, bahwa peran staf ahli di kota Jambi sudah diberikan peran yang sangat lebih, karena kami sadar bahwa kami kepala daerah tidak bisa berada di banyak tempat dalam satu waktu, tidak bisa kami mensosialisasikan program kebijakan kepala daerah banyak tempat dalam satu waktu.

"Disitu kami butuh Staf Ahli dan juga untuk menyampaikan sambutan-sambutan karena sangking banyaknya sambutan-sambutan tersebut, dan jelas peran staf ahli sangat dibutuhkan, jadi kalau di Kota Jambi kepala daerah tidak akan membaca sambutan kalau sebelum dikoreksi oleh staf ahli, dan itu salah satu hal yang terkecil,"kata Fasha.

Fasha juga menegaskan, kalau selama ini dirinya mendapati di kabupaten, Kota maupun provinsi di Indonesia ini, Staf Ahli itu ditempati hanya sebagai tempat parkir, kalau kepala daerah tidak suka dengan kepala SKPD maka diparkirkan di Staf ahli.

"Paradigma ini yang sekarang kami rubah, dan itu tugas kami menyampaikan kepada teman-teman kepala daerah bagaimana sebetulnya peran staf ahli, kalaulah staf ahli dimaksimalkan perannya, diberikan kewenangan maka tugas daripada kepala daerah itu menjadi ringan," pungkasnya.

Sementara itu, Herdi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Bogor mengatakan, kunjungan ke Pemerintah Kota Jambi ini merupakan rekomendasi Kemendagri atas predikat terbaik nyata Kelola Peran dan Fungsi Staf Ahli

"Dengan adanya kunjungan yang dilakukan, semoga para Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Bogor bisa menjalankan fungsinya sebagaimana telah dijelaskan tadi oleh bapak Walikota Jambi, selain itu Pemerintah Kabupaten Bogor siap untuk mengundang Walikota Jambi sebagai pembicara masalah Fungsi dan Peran Staf Ahli,"pungkasnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav