Pemkot Jambi Tahun Ini Akan Bangun Tiga Pasar

Minggu, 01 Mei 2016 - 18:07:46


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi akan membangun sejumlah Pasar di Kota Jambi. Pembangunan pasar ini guna lebih mendekatkan kepada masyarakat terhadap suplay barang dan juga guna lebih memudahkan dalam mengontrol harga barang.

“Kalau pasar kita banyak, kita bisa lebih mudah mengontrol harga barang,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kota Jambi, Komari.

Selain itu juga, untuk menuju Kota Perdagangan dan Jasa Kota Jambi tengah fokus membenahi pasar-pasar tradisional yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehar-hari. Hal ini bertujuan agar pasar tersebut tidak kalah bersaing dengan pasar modern. Tahun 2016 ini, ada tiga pasar tradisional yang mulai dibangun yaitu Pasar Talang Banjar dan Pasar Aurduri dan Olak Kemang.

Komari mengatakan jika pembangunan Pasar Aurduri itu menggunakan dana APBD Kota Jambi senilai kurang lebih Rp4,5 miliar. Sementara untuk Pasar Talang Banjar yang menurut rencana akan dibangun pada awal tahun 2016 ini menggunakan dua sumber dana, yaitu dari APBD Kota Jambi untuk membangun bangunan induk senilai Rp17 miliar lebih, dan dana APBN untuk bangunan pelengkap seperti jalan masuk, sarana parkir senilai Rp7 miliar.

Komari mengatakan jika pembangunan Pasar Talang Banjar itu salah satunya bertujuan untuk mengatasi PKL yang selama ini berjualan di sepanjang jalan. Sebab, menurut perkiraan, ada sekitar 2 ribuan pedagang yang ada di Pasar Talang Banjar.

“Insha Allah cukup untuk menampung semua pedagang yang ada di Talang Banjar,” jelasnya.

“Untuk yang Olak Kemang bangunannya sudah hampir berdiri, tinggal jalan masuknya. Kalau dananya sekitar Rp2 miliar, dan pakai dana DAK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya DPU Kota Jambi, Maeriza Sudino, mengatakan benar adanya Pemkot akan membangun sejumlah pasar tahun ini. Untuk Pasar Talang Banjar saat ini sudah dilakukan tahap pembangunan.

“Untuk Talang Banjar sudah 13 persen progres pembangunanya hingga saat ini,” katanya.

Sementara untuk Pasar Aurduri sedang dalam proses pelelangan. Dan di perkirakan ke tiga pasar itu akan selesai dibangun pada tahun 2016 ini.

“Kalau untuk kapasitas pasar, kami sesuaikan dengan data pedagang dari Dinas Pasar, Insya Allah mampu menampung semua pedagang yang ada di pasar,” katanya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav