KPU Muaro Jambi Gunakan Aplikasi SILON di Pilkada

Selasa, 07 Juni 2016 - 20:09:16


Masyarakat yang mendatangi KPU Muaro Jambi meminta informasi terkait pencalonan Paslon perseorangan.
Masyarakat yang mendatangi KPU Muaro Jambi meminta informasi terkait pencalonan Paslon perseorangan. /

RADARJAMBI.CO.ID, MUARO JAMBI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi pada tahapan pencalonan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Muaro Jambi tahun 2017 akan menggunakan aplikasi sistem informasi pencalonan (SILON) yang dibuat oleh KPU Republik Indonesia bekerjasama dengan  Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusikom UI).

'Baik bakal pasangan calon perseorangan maupun yang diusung Parpol akan menggunakan aplikasi ini,' ujar Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi, Edison SE kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, aplikasi SILON itu nantinya akan sangat membantu proses pencalonan yang lebih terbuka, lebih jelas dan sama-sama bisa diakses oleh KPU maupun Paslon.

'Nanti Paslon juga akan kita berikan username dan password ketika proses pencalonan sudah berjalan,' jelasnya.

Disinggung kapan aplikasi SILON itu akan mulai dipergunakan, dia menjawab saat ini sedang dilakukan proses uji coba dan finalisasi sistem oleh KPU RI & Pusikom UI.

'Diperkirakan akhir bulan ini sudah rampung & kami akan di Bimtek. Untuk selanjutnya akan membimtek Paslon pada tahapan pencalonan, September, mendatang,' jawab Edison.

'Namun, besok pagi (hari ini, red) kami akan mulai mensosialisasikan adanya aplikasi SILON ini kepada pihak terkait bersamaan dengan sosialisasi tahapan, program dan jadual serta sosialisasi pencalonan perseorangan,' tukasnya.

Sedangkan Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Muaro Jambi, Suparmin SH MH menjelaskan dalam sosialisasi pencalonan perseorangan akan dijelaskan mengenai mekanisme pencalonan perseorangan dan jadual pelaksanaannya.

'Termasuk dokumen pendukung, format bukti dukungan dan berbagai persyaratan lainnya. Juga kewajiban menggunakan softcopy formulir B.1 KWK Perseorangan excel yang kami siapkan,' jelasnya.

'Paslon perseorangan wajib menggunakan aplikasi yang kami sediakan. Karena nanti softcopy itu akan terintegrasi dengan SILON. Jika pakai format lain maka tidak akan terbaca,' lanjut alumni Universitas Batanghari ini.

Suparmin menuturkan para pihak yang diundang dalam kegiatan sosialisasi antara lain, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, perwakilan partai politik, mahasiswa, tokoh pemuda, unsur pemerintah, masyarakat umum maupun pihak terkait lainnya.

'Kita berharap pasca pelaksanaan sosialisasi masyarakat memahami tata cara pencalonan perseorangan di Pilbup Muaro Jambi 2017,' tandas mantan Jurnalis ini.

Reporter: Gustav