Jumlah Penerima Zakat Meningkat, Wali Kota akan Sebar Kotak Amal

Kamis, 16 Juni 2016 - 21:05:07


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Jumlah penerima zakat di kota Jambi mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari data Baznas kota Jambi, pada ramadan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sebesar 33 persen jumlah penerima zakat pada ramadan tahun ini.

Hal ini diakui oleh Wali Kota Jambi H.  Syarif Fasha bahwa penyaluran zakat yang dilakukan oleh Baznas kota Jambi mengalami peningkatan.

"Hari ini kita memberikan zakat kepada asnaf 8 dan beberapa pihak lainnya yang berhak menerimanya,"ujarnya kemarin.

Lalu, dengan meningkatnya jumlah penerima zakat, apakah berarti tingkat kemiskinan di kota Jambi meningkat? Fasha menampik hal tersebut. Menurutnya meningkatnya jumlah penerima  zakat tahun ini dikarenakan jumlah dana yang terkumpul jumlahnya semakin besar. Sehingga penyaluran zakatpun semakin meningkat.

"Tahun sebelumnya karena dananya terbatas, kita hanya memberikan kepada masyarakat sangat miskin saja, tahun ini karena dananya semakin banyak, maka penerima zakatpun semakin kita perluas ke masyarakat miskin maupun menengah kebawah. Jadi bukan berarti tingkat kemiskinan meningkat,"ujarnya.

Sementara itu, tahun 2016 Wali kota Jambi menargetkan pengumpulan zakat dan sedekah dari masyarakat Jambi sebesar 3 Milyar. Sedangkan untuk 2017 ditargetkan sebesar 10 Milyar dalam 1 tahun.

"Saya yakin masyarakat Jambi banyak yang suka bersedekah sehingga kita meminta bazda untuk lebih aktif lagi memperkenalkan diri kepada masyarakat. Karena terkadang masyarakat masih belum mengetahui tempat untuk bersedekah yang aman dan tepat dimana,"ujarnya.

Untuk mengejar target tersebut, walikota jambi selain mengirimkan surat edaran kepada PNS, TNI, Polri dan juga masyarakat, juga akan menyebar sebanyak 100 kotak amal di berbagai pusat perbelanjaan, mall dan toko modern lainnya.

Sementara itu, menurut Syamsirl Nain ketua Bazda kota Jambi, pihaknya memberikan sebanyak Rp 724 juta zakat kepada sebanyak 2977 penerima zakat. Terdiri dari fardu kifayah sebanyak 124 orang masing-masing sebesar Rp 500 ribu, mustahiq sebanyak 2352 orang masing-masing Rp 250 ribu dan yatim sebanyak 501 orang masing masing sebesar Rp 150 ribu.

"Penyaluran zakat dan kegiatan lainnya masih akan kita laksanakan hingga menjelang lebaran nanti,"ujarnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav