Kerinci Masuk DOB Ditingkat Komite I DPD RI

Minggu, 26 Juni 2016 - 23:32:36


Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.
Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. /

RADARJAMBI.CO.ID, KERINCI- Dari 164 usulan yang masuk dalam daftar usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) ditingkat Komite 1 DPD RI, dalam RPP Desain besar Penataan Daerah, sudah termasuk dan terdaftar Kabupaten Kerinci Hilir.

164 daerah tersebut yang masuk dalam daftar usulan DOB tersebut, tertanggal 21 Maret 2016, terdiri atas 13 provinsi, 125 kabupaten dan 26 kota dari seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk di Provinsi Jambi itu sendiri, ada dua kabupaten baru yang masuk daftar tersebut, yakni Kabupaten Tabir Raya yang Kabupaten induknya Kabupaten Merangin, Kota Muara Bungo dari induk Kabupaten Bungo dan Kabupatan Kerinci Ilir dari induk kabupatennnya Kabupaten Kerinci.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin menyebutkan ada dua agenda dalam kedatangan dirinya dan Bupati Kerinci, H Adi Rozal, dimana penyerahan berkas pemekaran Kerinci Ilir ke Kemendagri jelang paripurna persetujuan gubernur dan DPRD Provinsi Jambi. Bupati menyerahkan berkas persetujuan gubernur dan DPRD ke Kemendagri sedangkan dirinya menyerahkan berkas persetujuan gubernur dan DPRD Provinsi Jambi tentang pemekaran Kerinci Hilir ke DPD RI.

"Berkas tersebut langsung diterima oleh ketua komite 1 dan pimpinan komite 1 serta anggota komite 1 DPD RI. Disamping Kerinci Hilir pada acara tadi juga hadir pihak Pemkab DPRD seraya panitia rem karam Kabupaten MAPI Papua dan kabupaten Puloweli Sulawesi yg juga diusulkan jadi daerah persiapan,"katanya.

Selanjutnya, pimpinan komite 1 DPD RI pada pertemuannya menyatakan akan turun ke Kerinci dalam waktu dekat.

Saat ini tinggal menunggu PP desain daerah yg masih tahap harmonisasi di Kemenkum-HAM.

"Diperkirakan keluar pada bulan Agustus, setelah PP tersebut disahkan maka tim independen akan turun ke daerah untuk melalukan penilaian dan kelayakan,"jelasnya.

Reporter: Sony Maryadi
Editor: Gustav