KPU Jemput Bola, Siasati Minimnya Pendaftar PPS

Kamis, 14 Juli 2016 - 22:14:16


Ilustrasi.
Ilustrasi. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Pelaksanaan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiga daerah, yakni Muarojambi, Sarolangun, dan Tebo untuk Pilkada 2017 mendatang hanya menyisakan lima hari lagi. Namun nampaknya, ketiga KPUD ini harus turun langsung menjemput bola demi memenuhi standar yang telah ditentukan PKPU, standar pendaftar perekrutan PPS minimal 6 pendaftar.

Seperti perekrutan PPS Kabupaten Sarolangun, meskipun perekrutan telah rampung dilakukan beberapa waktu lalu, bahkan pelantikan PPS bakal dilaksanakan Minggu, 17 Juli ini. Nampaknya harus turun langsung untuk memenuhi kuota anggota PPS di beberapa Desa dan Kelurahan. Hal ini diakui Komisioner KPU Sarolangun, Ahdiante, saat dihubungi via ponselnya, Kamis (14/7) kemarin.

"Untuk memenuhi kuota pendaftar standar minimal 6 pendaftar, untuk beberapa desa kita terjun langsung dan menyampaikan ke Kepala Desa dan BPD," ujarnya.

Begitu juga dengan KPU Muarojambi, seperti disampaikan Ketua KPU Muarojambi, Edison. Dirinya mengatakan, pihaknya memperpanjang perekrutan PPS untuk memenuhi standar minimal kuota 6 pendaftar.

"Untuk memenuhi kuota pendaftar, kita menyurati Desa dan memperpanjang perekrutan PPS hingga 19 Juli ini," paparnya.

Lebih lanjut, apabila hingga batas akhir batas waktu pendaftaran kuota pendaftar PPS belum memenuhi standar, maka pihaknya akan turun tangan.

"Sesuai dengan aturan, KPU berhak melakukan perekrutan anggota PPS," terangnya.

Hal senada juga dikatakan Komisioner KPU Tebo Riance saat ditemui usai menghadiri doa tahlilan almarhum Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, di kediaman Komisioner KPU Provinsi Jambi M Sanusi. Dirinya mengatakan, pihaknya mengalami kendala di lapangan yang tidak mencukupi kuota pendaftar anggota PPS.

"Sebenarnya bukan masalah. Hanya saja jarak tempuh, sehingga kuota pendaftar tidak mencukupi, namun kita akan lakukan perekrutan sendiri," ucapnya.

Saat ini juga pihaknya sedang turun ke kecamatan untuk menjemput bola, dan hingga 18 Juli ini dirinya optimis rampung.

"Karena mempertimbangkan jarak tempuh ke kabupaten yang jauh, maka kita turun ke kecamatan," pungkasnya.

Reporter: Hilman Yusra
Editor: Gustav