Kades Sarolangun Menimba Wawasan ke Bantul Yogyakarta

Selasa, 24 Oktober 2017 - 17:56:52


Photo bersama Kades dengan Wabup, H Hillalatil Badri dan Kadis PMD, Drs H Ahmad Zaidan MM
Photo bersama Kades dengan Wabup, H Hillalatil Badri dan Kadis PMD, Drs H Ahmad Zaidan MM /

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN-Sebanyak 143 Kepala Desa (Kades) dalam Kabupaten Sarolangun merampungkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Desa Tanggung Harjo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Bimtek Kades tersebut merupakan bentuk penimbaan wawasan untuk memajukan desa, seperti dalam tataran tata kelola pemerintahan desa, BUMDes dan sektor pariwisata.

Drs H Ahmad Zaidan MM Kepala Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sarolangun mengatakan, kegiatan Bimtek tersebut telah berlangsung sejak tanggal 19 oktober 2017 lalu hingga tanggal 25 Oktober 2017.

“Selama satu minggu kami di Yogyakarta, kegiatan ini tindak lanjut dari Bimtek di Jambi beberapa waktu lalu,”ujar Zaidan.

Zaidan berharap pada Kades untuk lebih tertib administrasi dan keuangan dalam pengelolaan dana desa, termasuk pengelolaan anggaran lainnya. Selain itu, Kades juga diharapkan bisa membentuk sumber-sumber pendapatan desa atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan sektor pariwisata di desa.

“Kedepan desa harus lebih mandiri dan ada sumber pendapatan, baik itu berbentuk BUMDes maupun tempat wisata,”tambah Zaidan.

Disinggung berapa banyak Kades yang tidak bisa mengikuti Bimtek tersebut, Zaidan memaparkan ada enam desa yang tidak mengirim perwakilannya, namun selebihnya, ada yang diwakili Sekdes atau perangkat desa lainnya.

 Reporter : Charles Rangkuti

 



Sumber: Radarjambi.co.id