Hari Disabilitas Momentum Mensejajarkan Penyandang Difabel

Kamis, 14 Desember 2017 - 19:28:34


Sekda saat memasang kaki palsu ke Disabilitas
Sekda saat memasang kaki palsu ke Disabilitas /

RADAR JAMBBI.CO.ID-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan peringatan Hari Disabilitas Internasional di daerah itu menjadi momentum mensejajarkan penyandang difabel dengan masyarakat sehat fisik.
    "Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya mensejajarkan difabel di tengah masyarakat. Saat ini sudah banyak penyandang disabilitas melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan sudah banyak berkerja di pemerintahan," katanya saat menghadiri pembukaan hari disabilitas Internasional di Panti Sosial Bina Remaja dan Wanita, Kota Jambi, Kamis (14/12).
    Dia mengatakan Hari Disabiltas Internasional sebagai bagian integral dan usaha memperjuangkan tuntutan perlindungan serta pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, untuk mendapatkan kesempatan yang sama dimuka umum.
    "Setiap tahun kita peringati Hari Disabilitas Internasional dengan tujuan sebagai wahana peningkatan keharmonisan bagi penyandang disabilitas. Dan Pemprov Jambi terus berusaha mensejajarkan antara disabilitas dengan kita semua dan masyarakat lainnya,"jelasnya.
    Dia menegaskan, Pemprov Jambi siap membantu disabilitas yang membutuhkan kursi roda, kaki palsu dan alat bantu pendengaran melalui Dinas Sosial kabupaten dan Kota, yang kemudian melaporkan kebutuhan itu ke Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (DinsosDukcapil) provinsi.
    "Saya juga minta Kepala DinsosDukcapil Provinsi Jambi untuk mendata seluruh kabupaten dan kota yang ada disabilitas, agar memudahkan pemerintah kabupaten mengajukan berapa anggaran bantuan yang dibutuhkan," ujarnya.
    Dianto juga mengungkapkan, Pemprov Jambi akan mengukur dan menyerahkan sebanyak 18 kaki palsu kepada penyandang disabilitas. Setelah diukur, pembuatan kaki palsu siap dalam dua bulan ke depan dan diserahkan langsung gubernur Jambi.
    Sementara itu, Kepala DinsosDukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar mengatakan hari Disabilitas Internasional sebagai bentuk kepedulian sesama manusia.
    Sebab itu dirinya minta seluruh masyarakat dan bagi keluarga disabilitas yang membutuhkan bantuan untuk segera melaporkan ke Dinsos masing-masing wilayah.
    "Pemprov Jambi siap membantu para disabilitas untuk mendapatkan kaki palsu, tangan palsu, kursi roda dan alat bantu dengar. Segera laporkan ke Dinsos setempat," tukasnya

 

REPORTER : ENDANG