Sekda: Program Kependudukan Tingkatkan Kualitas Manusia

Sabtu, 10 Maret 2018 - 09:41:23


/

RADARJAMBI.CO.ID-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dicanangkan pemerintah pusat dapat meningkatkan kualitas manusia di provinsi itu.

Dianto  mengatakan KKBPK memiliki peran penting dalam pembahasan serta sosialisasi program kependudukan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Kita sama-sama berharap kualitas sumber daya manusia di Jambi terus ditingkatkan menjadi lebih baik melalui program KKBPK tersebut," kata Dianto.Rabu (7/3/208) .

Menurut Sekda, penduduk sebagai titik sentral dalam pembangunan dikarenakan penduduk merupakan subjek dan objek pembangunan.
    Tapi meski dengan jumlah penduduk yang besar dan pertumbuhan yang cepat namun memiliki kualitas yang rendah, maka akan memperlambat tercapainya kondisi yang ideal antara kualitas dan kuantitas penduduk.
    "Sebab itu dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan yang semakin terbatas, maka program KB masih sangat diperlukan saat ini," kata Dianto.
    Menurutnya dalam peningkatan serta layanan prima dalam program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, satu desa diharapkan memiliki satu Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) agar pelaksanaan program optimal. Namun saat ini di Jambi, satu PLKB mencakup empat desa.
    Selain itu, upaya meningkatkan kualitas kependudukan di wilayah Provinsi Jambi kata Dianto membutuhkan sinergitas antar lembaga, organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat sehingga harapan keberhasilan semakin kuat.
    "Ada kebutuhan kesehatan, gizi, serta kependudukan, semua akan menjadi lebih baik dengan adanya koordinasi semua pihak serta gerak cepat tanggap akan kondisi masyarakat," jelasnya.
    Dalam rakor daerah program KKBPK di Jambi itu, diketahui di Provinsi Jambi saat ini terdapat 141 kampung KB yang menjadi ikon BKKBN Provinsi Jambi yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau penduduk.    
    Kampung KB akan memudahkan dalam mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat serta dengan adanya dana alokasi khusus bisa dimanfaatkan untuk saluran air, tempat pembuangan, sampah dan lain sebagainya.
    Sementara itu, Kepala BKKBN Perwakilan Jambi, Muktar Bakti mengatakan program KKBPK menjadi harapan keberhasilan dalam pembangunan kependudukan khususnya masyarakat di Provinsi Jambi.