Sengit ! Duel Aksar dan Husni di Pilkades Bukit Kalimau Ulu Draw

Kamis, 02 Agustus 2018 - 21:33:08


Suasana Pilkades di Desa Padang jering, Kecamatan Batang Asai, kabupaten Sarolangun pada Kamis (2/8)
Suasana Pilkades di Desa Padang jering, Kecamatan Batang Asai, kabupaten Sarolangun pada Kamis (2/8) /

Radarjambi.co.id, SAROLANGUN, RJ-Pertarungan duel Pilkades Bukit Kalimau Ulu, Kecamatan Batang Asai antara Aksar dan Husni HD berakhir draw alias suara yang diraih dua calon berimbang. Perolehan suara yang diperoleh dua Calon Kades 264.

“Benar, suara yang didapatkan dua calon Kades Bukit Kalimau Ulu sama banyak, kata Kadis PMD, Muliadi SSos saat dikonfirmasi via ponsel Kamis (2/8), ini malam.

Terpisah Kabid Pemdes, Kaprawi saat dimintai keterangan via ponsel juga mengakui hal tersebut. Menurutnya, secara umum jalannya Pilkades untuk wilayah II pada Kamis (2/8), meliputi 15 desa yang berada di Kecamatan Batang Asai, CNG dan Limun berjalan sukses.

“Proses Pilkades hingga pukul 20.45 WIB masih ada yang belum selesai, yakni di Desa Bukit Kalimau Ulu, karena dua calon memperoleh suara yang sama,”sebutnya.

Jikalau menemukan Pilkades draw, maka hasil yang akan ditetapkan berdasarkan tempat tinggal. Artinya, Jadi akan dihitung berdasarkan tempat tinggal yang angka Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih besar.

“Calon terpilih akan ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada wilayah tempat tinggal,”jelasnya.

Ditambahkan Kaprawi, tidak akan dilkukan Pilkades ulang, jika terjadinya perolehan suara draw pada Pilkades.

“Misalkan calon I berada di dusun A, dan calon II berada disun B, lantas DPT di dusun A lebih banyak dari dusun B, maka calon I ditetapkan sebagai Kades terpilih. Begitu juga sebaliknya, jika dua calon berada di dusun yang sama, maka akan dilihat dari DPT terbanyak di RT tempat tinggal calon,”pungkasnya.

 

Penulis : Ciz Charles R