AJB Minta Pemprov Jambi untuk Atasi Banjir

Minggu, 11 November 2018 - 19:34:40


Asyafri Jaya Bakri
Asyafri Jaya Bakri /

radarjambi.co.id - SUNGAIPENUH - Sejumlah Kecamatan di Kota Sungaipenuh menjadi langganan banjir saat musim hujan. Walikota Sungaipenuh, Asyafri Jaya Bakri (AJB) meminta pemerintah Provinsi Jambi untuk ikut mengatasi persoalan ini.


"Penilaian kita keberadaan kota Sungaipenuh menjadi dilema, karena hulu dan hilir Batang Merao berada di Kabupaten Kerinci dan kota hanya menjadi perlintasan saja," ungkap Walikota Sungaipenuh.

Apabila air sungai mengalir deras dari hulu, maka saat keluar dari wilayah kota Sungaipenuh akan melambat, kemudian meluap dan menyebabkan banjir.

"Melambatnya air sungai Batang Merao yang keluar dari wilayah Sungaipenuh dikarenakan banyaknya kincir yang ada di Kabupaten Kerinci," sebutnya.

Untuk itu kita meminta bantuan kepada pemerintah Provinsi Jambi untuk menjembatani permasalahan Sungai Batang Merao ini, karena alur Sungai Batang Merao melewati dua wilayah.

"Permasalahan banjir sering diungkapkan kepada pemerintah Provinsi Jambi namun sejauh ini belum ada tanggapan. Kita meminta agar pemerintah Provinsi Jambi dapat menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Sungaipenuh," tukasnya.

Selain itu, sungai yang menjadi pelepasan air Danau Kerinci di Kecamatan Bukit Kerman dinilai terlalu kecil sehingga pembuangan air danau Kerinci tidak maksimal.

"Kecilnya pelepasan air, membuat pembuangan menjadi tidak maksimal," pungkasnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Hilman