Jambi Kekurangan Logistik Bantuan Banjir

Selasa, 13 November 2018 - 20:00:21


Sekda M Dianto Saat Meninjau Kesiapan Logistik di Dinas Sosial dan BPBD
Sekda M Dianto Saat Meninjau Kesiapan Logistik di Dinas Sosial dan BPBD /

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan daerah jambi saat ini masih kekurangan logistik untuk membantu warga yang terdampak banjir.


"Bantuan logistik khususnya beras dan makanan siap saji yang ada di Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi hanya cukup untuk 1-2 kabupaten saja," katanya usai meninjau kesiapan logistik di Dinas Sosial dan BPBD, Selasa (13/11).

Sebab itu kata Dianto, Pemprov Jambi hari ini (red) juga mengirim surat ke Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyatakan bahwa di Jambi ada kabupaten/kota yang terdampak banjir dan memerlukan bantuan.

Saat ini katanya sudah tiga daerah yang berstatus siaga banjir yakni Kabupaten Bungo, Kerinci dan Sungaipenuh. Sedangkan daerah lainnya berkemungkinan juga terdampak mengingat intensitas hujan semakin tinggi.

Dianto mengatakan Pemprov Jambi sudah mengalokasi bantuan yang dititipkan di Dinas Sosial kabupaten/kota.

Jika tidak mencukupi kabupaten akan mengajukan ke Provinsi. Sebab itu Pemprov Jambi perlu ada stok bantuan untuk disalurkan ke kabupaten/kota yang terdampak banjir.

"Apabila stok di kabupaten/kota dan provinsi habis, berarti kita menunggu bantauan dari pemerintah pusat. Kita juga bisa menggunakan dana tak terduga dari APBDP jika memang itu diperlukan," kata Dianto.

Dianto juga mengatakan saat ini debit air Sungai Batanghari terus meningkat, bahkan air sudah memasuki pemukiman warga di sepanjang aliran sungai khususnya di Seberang Kota Jambi.

 

 

Reporter : E Haryanto

Editor     : Ansori