Jalan Amblas Akan Dilaporkan Tanggap Darurat ke Pusat

Minggu, 18 November 2018 - 17:06:13


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id - KERINCI - Pada awal November lalu, ruas jalan jalur dua di perkantoran Bukit Tengah, Siulak amblas sepanjang 15 meter dengan kedalaman 1,5 meter, yang diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kerinci.

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Kabupaten Kerinci dalam hal ini Bupati Kerinci akan melaporkan kejadian tersebut sebagai kejadian tanggap darurat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Jalan yang amblas di Bukit Tengah, akan dilaporkan ke Pusat sebagai tanggap darurat," ujar Adirozal, Bupati Kerinci.

Sehingga nantinya sambung Bupati, untuk perbaikannya akan dibantu oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini BNPB. Dirinya berharap, bantuan ini secepatnya dikabulkan. Sehingga, jalan yang amblas di Bukit Tengah secepatnya diperbaiki.

Bukan hanya itu saja, bahkan Bupati Kerinci bersama pihak terkait akan mempetakan Desa-desa di Kabupaten Kerinci yang termasuk dalam rawan bencana. Nantinya, hasil tersebut juga akan dilaporkan ke Pusat.

"Kita akan mempetakan, melaporkan ke Pusat ada Desa-desa yang rawan bencana," beber Bupati.

Sehingga nantinya, menurut orang nomor Satu di Bumi Sekepal Tanah Surga ini. Setelah ditetapkan sebagai Desa yang rawan bencana, maka Desa tersebut bisa menggunakan Dana Desa lebih besar dalam penanggulangan bencana. "Jadi ini setelah ditetapkan, maka Desa tersebut bisa menggunakan dana desa lebih besar," ungkap Bupati.

Diakui mantan wakil Wali Kota Padang Panjang ini, bahwa saat ini terdapat Empat Desa di daerah Kayu Aro yang termasuk dalam kategori Desa yang sangat rawan bencana. Empat Desa tersebut yakni Batu Hampar, Sako Duo, Kayu Aro, dan Bedeng Duo.

"Empat Desa ini, termasuk yang akan dipetakan nantinya," tandasnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori