Dekranasda Jambi Dorong Pengrajin Tingkatkan Kualitas Produk

Minggu, 18 November 2018 - 17:49:38


Temu Pengrajin Kriya se-Provinsi Jambi dan Sosialisasi Peningkatan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk Jambi Menuju Pasar Nasional
Temu Pengrajin Kriya se-Provinsi Jambi dan Sosialisasi Peningkatan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk Jambi Menuju Pasar Nasional /

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi secara bertahap terus berupaya membekali pengrajin UMKM di daerah itu baik teknis maupun wawasan dan kepercayaan diri, untuk berkreasi dan berinovasi meningkatkan kualitas produk.


"Itu upaya mendorong pengrajin bisa menghasilkan karya yang kompetitif, berdaya saing dan bisa meraih pasar, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan pengrajin itu sendiri," kata Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Ariansyah.

Usai menghadiri temu pengrajin kriya se-Provinsi Jambi dan sosialisasi peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas produk Jambi menuju pasar nasional dan mancanegara di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi itu, Ariansyah mengatakan terobosan kreatif diperlukan Dekranasda Provinsi Jambi untuk membantu pengrajin meningkatkan daya saing serta meningkatkan penghasilan dari produk yang diciptakannya.

Ariansyah mengatakan, Dekranasda Provinsi Jambi sebagai mitra pemerintah berupaya untuk menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan, diantaranya dengan pengembangan ekonomi kreatif melalui pengembangan kerajinan dan kriya.

Pengembangan ekonomi kreatif melalui kerajinan dan kriya yang biasanya dalam UMKM itu katanya sangat penting karena bisa membuka lapangan kerja dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi.

"Melalui temu pengrajin kriya se-Provinsi Jambi diharapkan bisa mendorong para pengrajin dalam meningkatkan usaha agar mampu bersaing, baik di pasar lokal maupun di pasar domestik dan global," katanya lagi.

Ariansyah mengapresiasi Bank Indonesia yang merespon dan membantu para pelaku UKM dengan berbagai kegiatan, baik materi dan pendanaan.

Dekranasda Provinsi Jambi, kata Ariansyah, terus berupaya meningkatkan daya saing pengrajin dalam bentuk produk yang bermutu tinggi dan cara pemasarannya di pasar.

Salah satunya dengan dengan mengikutsertakan pengrajin pada pameran atau expo-expo yang diselenggarakan. Dimana dalam waktu dekat Pemrov juga akan menggelar expo di Jamtos dan expo di SMESCO Jakarta dilanjutkan expo di Bandung.

Sementara dalam temu pengrajin kriya dan sosialisasi peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas produk Jambi menuju pasar nasional dan mancanegara itu, menghadirkan nara sumber dari Dekranas Pusat Ikhwan Asrin dan Rinianty Soedjono. Kemudian dari Bank Indonesia serta pelaku UMKM yang telah sukses.

"Kita sengaja mendatangkan pembicara dari Dekranas Pusat, bagaimana caranya memberikan ilmu-ilmu atau kiat-kiat agar para pengrajin kita bisa meningkatkan mutu kerajinannya, contoh sekarang ini banyak sekali pewarna alami yang bisa membuat batik lebih cantik lagi,"tukasnya.

 

 

Reporter : E Haryanto

Editor     : Ansori