Dewan Harapkan Gas Bersubsidi Tidak Langka

Selasa, 20 November 2018 - 20:28:17


Gas Bersubsidi
Gas Bersubsidi /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Terkait mengenai akan adanya kartu kendali soal warga yang berhak menggunakan gas 3 kg. Sehingga gas bersubsidi tersebut tidak lagi langka di pasaran.

Disampaikan oleh M Nasir, Ketua DPRD Kota Jambi, pihaknya mendukung program tersebut sejauh tepat sasaran.

Dia berharap, dengan adanya program tersebut nantinya ada jaminan gas tidak langka dan tidak berkurang.

“Kita support sejauh program tersebut benar-benar tepat sasaran. Yang terpenting gas tersebut tidak berkurang. Kalau sudah berkurang, pastilah langka,” jelasnya.

Namun menurut Nasir, agar program tersebut berjalan baik, terlebih dahulu Pemkot juga harus melakukan pendataan jumlah UMKM di Kota Jambi.

Ini sangat berpengaruh terhadap penggunaan dan jumlah gas 3 kg di kalangan rumah tangga.

“Para pelaku UMKM harus didata dengan baik, terutama yang bergerak di bidang makanan yang biasanya mangkal di pinggir jalan,” ujarnya.

Namun menurut Nasir, selain melakukan pendataan terhadap UMKM, pemerintah harus merevisi Perda terlebih dahulu. Berdasarkan peraturan Menteri ESDM Nomor 26 tahun 2009 dan Perda nomor 10 tahun 2013 bahwa yang berhak menerima adalah warga yang penghasilannya Rp 1,5 juta atau UMKM Rp 3 juta.

"Kondisi sekarang tidak mungkin, maka ini harus direvisi," katanya.

Kata dia, untuk merubah Peda tersebut, memang membutuhkan waktu. Namun jika dikejar, DPRD akan support.

“DPRD akan respon sedini mungkin,” katanya. Dia menambahkan, waktu 100 hari kerja dinilai mencukupi jika pemerintah memiliki niat serius untuk mengatur distribusi gas tersebut.

“Saya pikir waktu 4 bulan lebih dari cukup, kalau cepat dimasukkan sebelum Pemilu 2019 sudah selesai. Kita respon tapi duduk bersamalah. Jangan hanya pintarnya sendiri tapi timbul masalah, dan masalah itu akan sampai ke DPRD," katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Jambi Mualana sebelumnya mengatakan bahwa dalam program 100 hari mereka, akan mengatur regulasi gas subsidi di Kota Jambi dengan mengeluarkan kartu kendali.

“Saat ini pihak Kelurahan dan Kecamatan sudah mendata. Secepatnya akan kita keluarkan kartu tersebut,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori