Setelah Dipleno, DPT Tanjabbar Berkurang, Ditemukan Ada Ribuan Pemilih Ganda

Rabu, 19 Desember 2018 - 20:05:19


Ahmad Hadziq
Ahmad Hadziq /

 

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Daftar pemilih tetap di Kabupatan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mengalami perubahan setelah dilakukan pleno penetapan daftar pemilih tetap hasil perubahan dua (DPTHP2).

Seperti disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Tanjabbar, Ahmad Hadziq, daftar masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang termasuk dalam daftar pemilih untuk menggunakan hak suaranya pada pemilihan pada april 2019 mendatang mengalami perubahan.

"Hal ini dari hasil pencermatan yang dilakukan bersama Bawaslu Tanjab Barat, sehingga diketahui jumlahnya berkurang sekitar 2000an," jelasnya.

Hadziq mengatakan hasil tersebut telah disahkan berdasarkan rapat pleno beberapa waktu lalu tentang penetapan daftar pemilih tetap hasil perubahan dua (DPTHT2).

DPTHT2 Kabupaten Tanjab Barat merupakan hasil pencermatan berdasarkan rekomendasi bawaslu pada pleno sebelumnya.

Hasil pencermatan yang dilakukan selama 30 hari tersebut ditemukan beberapa nama masuk dalam pemilih ganda di beberapa daerah di Tanjab Barat.

"Hasil itu kita tindak lanjuti, kita hapus. Sehingga ada perubahan dari DPTHP2 yang ditetapkan pada pleno sebelumnya sebelum ada rekomendasi dari bawaslu," katanya kepada, Selasa (18/12)

Kalau yang awalnya, dijelaskan Haziq DPTHP2 Tanjabbar sebanyak 216.362 mata pilih, pada pleno yang ditetapkan akhir kemaren itu sebanyak 214.273 pemilih. Dari jumlah tersebut ada pengurangan sekitar 2000 nama," jelasnya.

Dari jumlah tersebut yang Laki-laki sebanyak 110.505 orang dan Perempuan ada 103.768 mata pilih.

"Pengurangan tersebut dikarenakan nama yang terdaftar itu data ganda ganda, sehingga dihapuskan," pungkasnya. 

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori