2019, Jumlah KPM Batanghari Bertambah

Rabu, 19 Desember 2018 - 20:38:28


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Batanghari, mengalami peningkatan di Tahun 2019.

Bila dibandingkan Tahun 2018, jumlah KPM di Kabupaten Batanghari meningkat sebanyak 718 KPM atau meningkat 5 persen.

“Iya, untuk KPM di Kabupaten Batanghari mengalami peningakatan dari sebelumnya dari 13.700 KPM tahun 2018 menjadi 14.418 KPM di Tahun 2019,” kata Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setda Batanghari, Syaiful, ketika ditemui Rabu (19/12).

Syaiful mengungkapkan, meningkatnya jumlah KPM di Kabupaten Batanghari sudah berdasarkan ketetapan dari Menteri Sosial (Mensos) RI. Sedangkan, pihaknya sifatnya hanya mengawasi bantuan sampai ke penerima yang telah di data tersebut.

Diterangkanya juga, setiap KPM Rastra akan menerima sebanyak 10 Kilogram beras dalam setiap bulannya, selama satu tahun. Dan untuk penerima KPM rastra tidak akan lagi dikenakan biaya, semua akan diberikan secara gratis.

“Dan untuk bantuan yang diterima masih sama seperti sebelum-sebelumnya, setiap KPM menerima 10 Kilogram tiap bulan. Dengan adanya bantuan rastra tersebut di harapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di rumah tangga sasaran,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah pusat telah mensubsidi rastra tersebut bagi seluruh KPM. Dan biaya transportasi penyaluran rastra telah di tanggung pemerintah daerah melalui APBD. Sehingga KPM tidak lagi mengeluarkan biaya.

“Jika ada oknum dan pemerintah desa yang memungut biaya dalam penyaluran rastra tersebut, masyarakat dapat melaporkannya kepada pemerintah daerah dalam hal ini kepada Dinsos Batanghari dan Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Batanghari,”tutupnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori