Waspadai Ancaman Terorisme Pada Perayaan Natal dan Tahun Baru

Kamis, 20 Desember 2018 - 20:26:12


Rakor Persiapan Penamanan Natal dan Tahun Baru
Rakor Persiapan Penamanan Natal dan Tahun Baru /

 

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Tanjab Barat Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur terkait untuk persiapan pengaman menjelang natal 2018 dan tahun baru 2019, Kamis (20/12).

Kapolres Tanjab Barat, AKBP ADG Sinaga SIK mengatakan ancaman terorisme harus diwaspadai, dengan berkaca pada kejadian yang sudah-sudah.

Dia juga menyampaikan untuk rencana pengamanan sudah disiapkan dalam rangka perayaan natal dan tahun baru.

Menurutnya dalam Ops Lilin ini perlu dukungan dan kerjasama yang baik dengan Instansi terkait.

"Kejadian di Danau Toba jadi pembelajaran, karena di daerah kita ada wilayah perairan untuk itu perlu mengantisipasi agar tidak terjadi di tempat kita," tegasnya.

Kapolres mengimbau kepada perhubungan, Polsek KP3, Pol Air harus tegas pengecekan kelayakan kapal, rompi keselamatan dan antisipasi para calo.

Pada saat perayaan tahun baru petasan dilarang, hanya kembang api yang diizinkan.

"Akan dilaksanakan razia petasan dan pengecekan terkait kualitas dan harga pangan," ujarnya.

Kompol RP Nainggolan, Kabag Ops mengatakan telah melakukan dan memantau kesiapan Ops Lilin tahun 2018. Serta melakukan pemetaan terhadap potensi ancaman dan kerawaan.

"Personil kepolisian yang disiagakan sebanyak 172 orang ditambah dari anggota TNI, Brimob dan Ormas," paparnya.

Sementara untuk daerah yang rawan kecelakan Kabag Ops sebut pengendara lebih waspada di Jalan Lintas Timur Jambi Riau di Km 121, dan 122 Kecamatan Merlung.

Sekda Tanjab Barat, Ambok Tuo yang turut hadir mengarahkan Dishub, Pol PP, Damkar, dan DLH agar segera tindak lanjuti dalam hal mendukung pengamanan dan pelayanan.

"Perindag lakukan pengawasan pangan. Bagi unsur pemda yang terlibat dalam pam dan pelayanan agar tidak meninggalkan tempat atau berlibur walaupun di hari libur Nasional,"katanya.

Sementara itu Pasi Intel Kodim 0419 Tanjab, mengatakan TNI siap mendukung dan melaksanakan kegiatan pengamanan dalam rangka Ops Lilin tahun 2018

"TNI akan memberikan perbantuan kekuatan di pos pam dan pos yan yang dipersiapkan," katanya.

Kegiatan rapat koordinasi ini diikuti oleh unsur jajaran polres Tanjab Barat, Dan Sub Denpom Kuala Tungkal, TNI AL, Dishub, Pt. Jasaraharja, Dinas PUPR, Dinas BPBD, Sekcam Betara, Pemuda Pancasila. Yang dipimpin oleh Kapolres Tanjab Barat, AKBP ADG Sinaga SIK didampingi Sekda Tanjab Barat dan Pasi Intel Kodim 0419 Tanjab serta Kabag Ops Polres Tanjabbar.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori