Berkunjung ke Batanghari, TNI Siap Bantu Pencegahan Karhutla

Selasa, 12 Februari 2019 - 20:39:51


Danrem 042 Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudi, Melakukan Kunjungan ke Pemkab Batanghari
Danrem 042 Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudi, Melakukan Kunjungan ke Pemkab Batanghari /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Danrem 042 Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudi, melakukan kunjungan ke Pemkab Batanghari Selasa (12/2).

Kunjungan Ini, merupakan kunjungan kerja pertamanya di Bumi Serentak Bak Regam pasca serah terima jabatan beberapa waktu lalu.

"Kedatangan saya untuk silaturahmi. Mungkin ada yang bertanya kenapa Danrem 042 Gapu diganti lagi. Organisasi militer sangat dinamis, baru diganti sudah diganti lagi," katanya.

Danrem dan rombongan tiba di Rumah Dinas Bupati Batanghari, Syahirsah, sekira pukul 10.00 WIB. Danrem disambut oleh Bupati Syahirsah dan Unsur Forkopimda Kabupaten Batanghari.

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan, siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Satu diantaranya yakni program pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Pasalnya, Jambi pernah menjadi pengekspor asap beberapa waktu lalu.

"Ini akan saya jadikan prioritas. Bagi saya kalau sudah memadamkan, kita sudah bekerja keras. Bencana tak bisa dihindarkan, tapi kalau terkait kebakaran hutan dan lahan, ada yang menyulut api secara sengaja atau tidak," jelasnya.

Menurut Danrem ada dua kelemahan dalam penanganan karhutla, yaitu deteksi dan cegah dini yang sangat kurang. Lalu, perlengkapan pemadaman saat kebakaran yang minim.

"Itu yang saya pelajari dalam pengalaman penangan karhutla yang sebelumnya. Kelemahannya ya dua ini. Intinya disitu," ucapnya.

Bupati Batanghari Syahirsah SY, mengapresiasi dukungan TNI, khususnya Korem 042/Garuda Putih, telah melaksanakan peran dan fungsi teritorialnya.

"Kerja sama yang dilakukan pemerintah Kabupaten Batang Hari dan Danrem 042 Garuda Putih berjalan baik dan memberi manfaat bagi pembangunan Kabupaten Batang Hari," tandasnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori