Polisi Dampingi Eksekusi Sampah Medis di TPAS Dirimbo Bujang

Selasa, 12 Maret 2019 - 20:26:06


Pemusnahan Sampah Medis yang ditemukan ditempat Sampah
Pemusnahan Sampah Medis yang ditemukan ditempat Sampah /

Radarjambi.co.id - MUARO TEBO - Salah seorang anggota Polsek Rimbo Bujang, menyaksikan tim Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) mengeksekusi sampah medis di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Kecamatan Rimbo Bujang, Selasa (12/03/2019).

Dia adalah Hamdu Kurnia bersama dua orang warga setempat menyaksikan eksekusi sampah medis berupa bekas jarum suntik, perban, obat, bekas obat dan lain sebagainya, yang ditemukan dalam kantong plastik besar di tumpukan sampah.

Ketua DPD LP2LH Kabupaten Tebo, Hary Irawanm mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian terutama Polres Tebo khususnya Polsek Rimbo Bujang, yang telah menyaksikan pengeksekusian sampah medis tersebut. 

“Makasih pihak Polsek Rimbo Bujang atas kerjasamanya,'' kata Hary usai eksekusi sampah medis di TPAS Rimbo Bujang.

Sampah medis tersebut, kata Hary nantinya akan dijadikan barang bukti laporan LP2LH terhadap buruknya penanganan sampah medis di wilayah Tebo.

”Kita akan laporkan ini secara resmi ke Polres Tebo. Hari ini juga kita laporkan, “kata dia.

Sebelumnya, dua orang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tebo, menolag permintaan Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) untuk menyaksikan eksekusi sampah medis di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Kecamatan Rimbo Bujang, Selasa (12/03/2019).

Alasannya, mereka berdua tengah perjalanan dinas.

”Kita lagi perjalanan dinas. Jadi ndak bisa ikut menyaksikan eksekusi. Soalnya beda tugas yang kita jalani dalam perjalanan dinas imi,” kata Arif Budiman saat ditemui Ketua LP2LH Kabupaten Tebo di salah satu klinik di Kecamatan Rimbo Bujang.

Diberitakan sebelumnya, Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Kabupaten Tebo, kembali menemukan sampah medis di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Selasa (12/03/2019).

Sampah medis berupa bekas jarum suntik, perban, obat, bekas obat dan lain sebagainya, ditemukan dalam kantong plastik besar di tumpukan sampah.

Ketua DPD LP2LH Tebo, Hary Irawan mengatakan, sampah medis tersebut ditemukan saat tim observasinya mencari bekas kantong darah atau bekas kantong transfusi darah yang ditemukan di lokasi yang sama beberapa waktu lalu.

“Kita mau eksekusi bekas kantong darah itu, namun saat kita cari ndak ketemu. Kemungkinan sudah tertimbun dengan sampah yang lain, “kata Hary di lokasi TPAS Rimbo Bujang. 

Saat mencari bekas kantong darah yang dimaksud, jelas Hary, timnya menemukan kantong pelastik berisi sampah medis.

“Akan kita amankan untuk bukti laporan kita nanti,” kata Hary

Ditanya dari mana asal sampah medis tersebut, Hary mengaku tidak tahu.

“Tidak tahu siapa yang membuangnya ke sini (TPAS Rimbo Bujang). Yang jelas ini akan kita laporkan ke Polres Tebo. Nanti anggota Polres lah yang menyelidikinya, “tutup dia.

Sampah medis berupa bekas jarum suntik, perban, obat, bekas obat dan lain sebagainya, ditemukan dalam kantong plastik besar di tumpukan sampah.

 

 

Reporter : Iwan

Editor     : Ansori