Pemprov Segera Koordinasikan ke Gubernur Jambi Beri Santunan Petugas Pemilu Yang Sakit

Kamis, 25 April 2019 - 20:52:30


Data KPU
Data KPU /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pemprov Jambi melalui Karo Humas dan Protokoler Setda Provinsi Johansyah angkat bicara soal santunan terhadap 87 orang petugas pemilu dan 2 orang meninggal dunia akibat kelelahan dalam menjalankan tugas.

"Kita akan laporkan ke pak gubernur dulu dengan kondisi yang sekarang kan," ungkapnya, Kamis (25/4/2019).

Johansyah mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi pasti memberikan perhatian kepada para petugas petugas KPPS/PPK tersebut, sembari menunggu surat resmi daripada KPU Provinsi Jambi terkait dengan persoalan santunan.

"Kita akan berkordinasi dengan KPU dulu, surat resmi kan belum dilaporkan, nanti setelah dapat kita akan laporkan ke Pak Gubernur, untuk memperhatikan kawan kawan pahlawan demokrasi kita yang telah membatu dan bekerja siang malam," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Komisioner KPU Provinsi Jambi M Sanusi mengatakan dalam rangka pemilu serentak 17 April 2019 hingga sekarang ada puluhan petugas yang mengalami sakit dan 2 orang diantaranya meninggal dunia.

"Dengan harapan memang agar mendapatkan santunan, kita berharap ini prosesnya di Jambi khususnya, adanya keperdulian dari pihak pihak terkait, kepala daerah atau siapapun, karena memang yang berkerja ini untuk bangsa dan negera,"ucapnya

Pihak Pemprov juga melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengintruksikan seluruh Rumah Sakit Umum Daerah untuk menyiapkan bantuan fasilitas, tenaga medis dan obat- obatan kepada petugas perhitungan suara Pemilu serentak.

Hal ini merupakan tindaklanjut daripada Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI sekaligus surat permohonan dari Bawaslu untuk meminta bantuan tenaga medis.

"Atas dasar itu, dan dari Bawaslu juga sudah kita balas suratnya," ungkapnya.

Adapun intruksi Dinkes Provinsi Jambi kepada setiap rumah sakit mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, kota dan provinsi agar dapat menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan pada pelaksanaan perhitungan rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tahun 2015 dan menyiapkan menyiagakan publik safety center PSC 119.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori