Pleno PPK Dapil 1 dan 3 Kerinci Usai, Tinggal Menunggu Hasil Resmi KPU

Minggu, 28 April 2019 - 20:58:59


KPU
KPU /

 

Radarjambi.co.id - KERINCI - Data yang berhasil dihimpun media ini, pleno rekapitulasi suara Pemilihan legislatif untuk Dapil 1 (Siulak, Siulak Mukai dan Gunung) dan Dapil 3 Kerinci (Air Hangat, Air Hangat Timur, Air Hangat Barat, dan Depati Tujuh) hampir selesai. Saat ini, tinggal menunggu Pleno di tingkat KPU kabupaten Kerinci.

Berdasarkan data hasil pleno yang diperoleh, Minggu (25/4) sudah bisa diketahui jumlah suara Parpol dan Calon Legislatif di Dapil 1 dan 3 untuk DPRD Kerinci. Caleg petahana yang lolos untuk Dapil 1, muncul nama Yuldi Herman (PAN), Yaruddin (PKS) dan Arwiyanto (PKB). Sedangkan Dapil 3 hanya Boy Edwar yang bisa dipastikan melenggang ke kursi Legislatif. 

Sedangkan caleg incumbent di Dapil 1 seperti ketua DPRD Kerinci Arfan Kamil (Gerindra), Wakil Ketua DPRD Murtias (Golkar), Johan (Nasdem), kemungkinan besar terhenti langkahnya dua periode.

Sementara Dapil 3 incumbent yang tumbang adalah Elyusnadi dari PPP, Dodo Haryanto dari PBB, dan Heri Purwanto Partai Demokrat. Sementara itu, Subastian Ismail Caleg petahana dari PAN, dan Arsal Apri dari PKB kalah suara dari caleg internal partai.

Data yang dihimpun dari PPK Dapil 1, Gerindra memperoleh total suara 6.038, caleg yang lolos Irwandri, peringkat kedua PDIP dengan suara 3.946, dengan caleg yang lolos Joni Efendi, PKS dengan perolehan suara 3.263, caleg Yaruddin, kemudian PAN perolehan suara 3.053, caleg yang lolos Yuldi Herman dan terakhir PKB 2.973, caleg yang lolos Arwiyanto.

"Peringkat keenam PPP dengan perolehan suara 2.901 dan posisi ketujuh Golkar dengan suara 2.761," kata salah seorang sumber terpercaya. 

Meskipun demikian, sumber juga menyebutkan belum Final. "Untuk hasil resmi masih menunggu rekapitulasi KPU Kerinci," sebut sumber.

Tidak jauh berbeda, salah seorang sumber di PPK Dapil 3, juga meneyebutkan masih menunggu penghitungan KPU. Sementara perolehan suara Parpol dan Caleg yang berpotensi duduk. Partai Gerindra memperoleh total suara 5.836 dengan nama Caleg yang lolos Erduan. Setelah itu PAN 4.230 suara dengan Caleg yang lolos ke DPRD Kerinci Saiful Efrijal.

Posisi ketiga partai PKS 4.129 suara dengan Caleg yang lolos Sharial Thaib. Ada lagi Nasdem 3.757 suara dengan Caleg yang lolos Jumadi Armanto. Kemudian partai Golkar 3.463 suara dengan Caleg lolos Boy Edwar. Setelah itu PDIP 3.441 suara caleg yang lolos ke kursi DPRD Kerinci Yenwen.

“Posisi ke enam PKB 3.296 suara dengan Caleg yang lolos Mensediar. Sedangkan PPP hanya meraih suara 2.316, Perindo 2.560, dan Demokrat 2.602 suara,” sebut sumber di PPK Dapil 3, yang enggan disebutkan namanya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori