Banyak PR Yang Harus Dikerjakan Sekda Baru, Ambok Tuo: Pengganti Saya Harus Lebih Baik Dari Saya

Minggu, 12 Mei 2019 - 16:32:06


Sekda  Kabupaten Tanajab Barat H  Ambok Tuo
Sekda Kabupaten Tanajab Barat H Ambok Tuo /

 

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Sekretaris Daerah (Sekda ) Kabupaten Tnajab Barat, H Ambok Tuo menyebutkan banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan siapapun yang menjadi Sekda Tanjung Jabung Barat kedepannya.

Hal itu diungkapkan ambok tuo saat dimintai tanggapan terkait kreteria untuk calon sekda penggantinya. 

Ambok Tuo mengatakan sekda yang terpilih nanatinya harus mengetahui wilayah Tanjab Barta serta mengabdikan diri untuk kemajuan Tanjab Barat.

"Saya berharap sebagai pengganti, dia harus lebih baik daripada saya. Karena apa yang saya lakukan ini masih banyak kurangnya," ungkap sekda. 

Sebab menurutnya apa yang dilakukannya sebagai sekda selama ini masih banyak kekurangan. Dan kedepannya kekurangannya selama menjabat akan disampaikannya sebagai perbaikan kedepannya.

Sebab selama ini yang paling sulit dilakukan adalah merubah mine set (pola pikir) dengan sistem yang sudah berubah. 

"Yang berat bagi seseorang, dia merubah pola pikirnya, mine set nya dengan sistem yang berubah. Itu kuncinya," ujarnya.

Dengan demikian dalam menjalankan tugas, menurutnya dapat berjalan dengan baik. Sebab anak buah dalam menjalankan tugasnya tidak ada yang tidak mendukung pemimpinnya. 

Ambok Tuo juga mengungkapkan setelah pensiun kelak, dirinya siap tetap mengabdi untuk Tanjung Jabung Barat. Sebab selama ini banyak tawaran yang masuk dari luar kepadanya.

Sebelumnya Ambok Tuo selaku Ketua Panitia Seleksi mengatakan usai melakukan pendaftaran, Ambok menjelaskan selanjutnya tahapan lelang, penetepan lolos admistrasi dan rekam jejak oleh pansel. 

Pengumuman peserta yang lolos tahapan ini akan diumumkan pada tanggal 13 Mei (Hari ini, red).
“Bagi peserta yang lolos tahapan ini baru akan ke tahap selanjutnya yakni wawancara, pemaparan makalah dan assement,” ujarnya.

"Setelah semua proses dilalui, akumulasi daripada nilai yang diberikan panitia akan disampaikan ke komisi ASN melalui pejabat pembina kepegawaian (bupati)," ujarnya. 

Untuk diketahui syarat mengikuti lelang jabatan sekda menimal sudah golongan IV B dan maksimal umur 56 Tahun.

Dan panitia seleksi ini melibatkan pihak akademisi dari Universitas Jambi, dan Universitas Batanghari. 

Kepala BKp SDM Tanjabbar, Encep Zarkasih mengatakan bahwa delapan orang yang mendaftar dua dari Provinsi Jambi sementara enam orang merupakan pejabat OPD di Pemkab Tanjabbar.

Mereka yang dari Tanjab Barat adalah sekretaris DPRD Tanjabbar Agus Sanusi, Kepala DPM-PTSP Yan Heri, Kasatpol PP Samsul Jauhari, Kepala Dinas Sosial Syaifudin, Kepala dinas lingkungan hidup Suparjo dan terakhir Kepala BKPSDM Encep Zakarsih. 

"Ditambah dua dari pejabat provinsi, jadi jumlah pesertanya 8 orang," sebutnya.

Dibukanya lelang jabatan Sekda Tanjab Barat tersebut, mengingat pejabat Sekda Tanjabbar yang sekarang, Ambok Tuo akan pensiun pada bulan Juni 2019 mendatang.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori