Ramadhan, Lapas Kelas IIB Muarabulian Batasi Jam Besuk

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:25:52


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Muarabulian, Batanghari
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Muarabulian, Batanghari /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Selama bulan Ramadhan 1440 H/2019, jam besuk tahanan di Lapas Kelas IIB Muarabulian kembali dibatasi. Jika sebelumnya, jam besuk tahanan sampai jam 15.00 WIB, selama bulan ramadhan jam besuk dibatasi sampai jam 14.00 WIB.

"Selama Ramadhan ada pengurangan jam besuk warga binaan 30 menit dari hari biasa," kata Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Lapas Kelas IIB Muarabulian, Muhammad Joni, dikonfirmasi wartawan akhir pekan Kemarin. 

Lapas Klas IIB Muarabulian telah menyediakan lokasi pertemuan keluarga dengan warga binaan. Mereka berkumpul dalam satu ruang besar.

"Kita berikan waktu 30 menit untuk mereka bercengkerama dalam Aula,"ujarnya. 

Joni mengungkap bahwa waktu besuk keluarga dengan warga binaan pada hari raya Idul Fitri nanti lebih singkat lagi. Sebab hampir seluruh keluarga warga binaan Lapas Kelas IIB Muarabulian berkunjung. 

"Biasanya kalau lebaran, waktu kita berikan 15 menit. Terhitung sejak lebaran pertama, pihak keluarga sudah bisa membesuk warag binaan," ucapnya.

Meskipun pertemuan hanya 15 menit, kata Joni, waktu besuk lebaran nanti biasanya akan ditambah. Karena lebaran di Lapas selalu ramai pengunjung pada hari pertama.

Jumlah warga binaan Lapas Kelas IIB Muarabulian mencapai 296 orang. Jika dilihat dari blok hunian, idealnya jumlah warga binaan hanya 153 orang.

"Namun saat ini sudah overload 100 persen. Narapidana kasus Narkoba mendominasi dengan jumlah sekitar 100 orang. Sisanya kasus pencurian, penggelapan, perlindungan anak. Bahkan yang agak banyak kasus migas," ujarnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori