Napi Perempuan Lapas Jambi dipindahkan Ke Lapas Khusus Muarojambi

Jumat, 21 Juni 2019 - 10:58:00


Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jambi, Agus Nugroho Yusuf..
Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jambi, Agus Nugroho Yusuf.. /

radarjambi.co.id-JAMBI-Seluruh narapidana perempuan yang ada atau menghuni Lapas Klas II A Jambi yang berada di Kota Jambi dipindahkan ke lapas khusus perempuan yang ada Kabupaten Muarojambi untuk menempati sel tahanan mereka yang baru.

Pemindahan itu dilakukan langsung oleh pihak Kantor wilayah hukum dan HAM Jambi (Kakanwil Kemenkumham) yang secara resmi telah memindahkan seluruh tahanan ke Lapas baru yang dikhususkan untuk wanita atau perempuan yang berada di Kabupaten Muarojambi, kata Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jambi, Agus Nugroho Yusuf.

"Mereka para narapidana dan tahanan perempuan yang ada di Lapas Jambi sudah dipindahan ke lapas khusus yang dibangun pihak Kementerian atas bantuan Pemerintah Kabupaten Muarojambi," katanya.

Untuk jumlah lapas khusus perempuan saat ini ada sejumlah tahanan perempuan yang baru dipindahkan sebanyak 129 orang, namun saat ini sudah ada 128 orang napi wanita dari lapas Jambi dipindahkan ke lapas khusus wanita di Muarojambi dan ada satu orang napi yang sudah bebas.

Sampai saat ini kondisi lapas dan rutan di Provinsi Jambi hampir seluruhnya over kapasitas sehingga memang diperlukan pembangunan lapas baru untuk memindahkan narapidana dan tananan yang ada di lapas yang sudah over kapasitas.

Akibat over kapasitas penghuni lapas dan rutan di Jambi membuat peluang para napi dan tahanan untuk mencoba kabur dari sel mereka dan aksi tersebut sudah beberapa kali terjadi di Provinsi Jambi.

 

Reporter   ;   Haryanto

Editor       : Ansory S